Kasus Mobile Crane, Polisi Geledah Gedung IPC Tanjung Priok

ilustrasi pengeledahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA.co.id - Sejak sekitar pukul 14.00 WIB, puluhan penyidik gabungan dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok, menggeledah kantor di gedung Indonesia Port Corporation (IPC), kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Penggeledahan dijaga ketat oleh polisi, baik yang bersenjata lengkap, hingga yang menggunakan pakaian preman.

Bongkar Muat di Tanjung Priok Dijanjikan Dua Hari

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun di lokasi, penggeledahan dilakukan di lantai 7. Namun, belum diketahui kantor apa di lantai tersebut. Sejumlah karyawan di kawasan itu mengatakan, lokasi penggeledahan merupakan bagian keuangan.

Hadir dalam proses penggeledahan ini adalah Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Hengki Haryadi dan Dirtipideksus Bareskrim Mabes Polri Brigjen Victor Simanjuntak. Dia menuturkan, penggeledahan terkait dugaan korupsi pengadaan 10 unit alat mobile crane yang tidak berfungsi dan tidak sesuai aturan.

"Maka itu kami geledah, mencari alat bukti," ujar Victor.

Jenderal bintang satu itu menuturkan, akibat tidak berfungsinya alat pemindah peti kemas di Tanjung Priok tersebut itu, telah menghambat aktivitas bongkar muat.

"Kasus dwelling time ini sudah arahan Presiden. Jadi harus kami usut," katanya.

Dalam kasus ini, penyidik memperkirakan ada kerugian negara mencapai Rp54 miliar. Tapi, hingga saat ini belum ada audit dari lembaga audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai hal itu.

Kontainer Nginap Lebih 2 Hari Akan Didenda Rp5 Juta/Hari

Terkait kasus ini, Polda Metro Jaya sudah menetapkan sejumlah tersangka termasuk dari pihak Kementerian Perdagangan.

Dwelling time sempat menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Pelabuhan Tanjung Priok. Karena, waktu bongkar muat yang mencapai lima hari, dianggap terlalu lama.

Menko Kemaritiman Rizal Ramli akan melibatkan Polri dan TNI dalam mengungkap mafia-mafia di Tanjung Priok.

Tekan Dwelling Time, Tiga Pelabuhan Banten Diberdayakan
Operasi logistik

Menguak Persoalan Utama Logistik Nasional

Berkutat pada dwelling time bukan solusi untuk sektor logistik.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2016