DPR Temukan 1.111 Visa Jemaah Haji Belum Selesai

Paspor Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id - Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, memastikan inspeksi mendadak yang mereka lakukan terkait masalah visa bagi jemaah haji, sama dengan yang disampaikan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin saat bertemu di DPR.

Menag Jamin Visa Jemaah Haji Selesai Sebelum Berangkat

Komisi VIII mengadakan sidak di gedung Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag RI guna memastikan jumlah calon jemaah yang belum mendapatkan visa.

"Ternyata kami ke sini masih ada 1.111 jemaah yang belum selesai visanya, tentu kami prihatin juga," kata Saleh di Kemenag RI, Rabu 26 Agustus 2015.

Menurut Saleh, Siskohat masih banyak kekurangan dan harus disempurnakan, seperti belum terkoneksi data di Siskohat dan E-Hajj di Arab Saudi.

Karena permasalahan visa ini, Menag meminta dispensasi dengan Pemerintah Arab Saudi. Kemudian Pemerintah Arab Saudi memberikan dispensasi dengan mempersilakan mengurus dengan sistem manual.

"Jadi E-Hajj nya tidak salah, justru Pemerintah Arab Saudi memberikan kemudahan kepada kita bahwa E-Hajj tidak harus dilakukan secara penuh," ujar Saleh.

Hal ini, kata Saleh, akan menjadi bahan evaluasi DPR agar ke depannya tidak terulang kembali. Harus ada cara mempercepat urusan visa ini. "Kalau perlu kita sediakan payung hukumnya." katanya. (ase)

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki
Jemaah haji dari Embarkasi Surabaya

Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim

Dua calon haji asal Pamekasan harus menunggu putusan pengadilan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016