13.600 Jemaah Haji Khusus Belum Dapat Visa

Paspor Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id - Permasalahan besar akan dihadapi penyelenggara haji khusus karena visa haji khusus hingga hari ini belum ada satu pun yang keluar. Pada musim haji 2015 ini, jumlah jemaah haji khusus mencapai 13.600 orang dan diberangkatkan oleh sekitar 160 panitia penyelenggara.

"Memang benar sampai hari ini belum ada visa untuk haji khusus yang keluar. Ini akan menjadi masalah besar karena haji khusus sudah mulai berangkat hari Senin, 31 Agustus 2015," kata Sekjen Himpunan Umrah dan Haji (HIMPUH), Muharom Ahmad, kepada VIVA.co.id, Rabu 26 Agustus 2015.

Menurut Muharom, permasalahan ini tidak bisa dianggap enteng dan harus segera diselesaikan. Banyak masalah yang akan dihadapi penyelenggara haji khusus bila visa tidak keluar tepat waktu.

"Jadi masalahnya hari kerja tinggal Kamis dan Jumat. Kalau Jumat tidak diproses, kecil kemungkinan visa keluar dan jemaah yang akan terbang pada hari Senin pasti gagal berangkat," kata Muharom Ahmad.

Permasalahan yang dihadapi haji khusus berbeda dengan haji reguler yang bisa berangkat cepat saat visa sudah didapatkan karena ditangani pemerintah. Sementara haji khusus harus mengurus tiket dan akomodasi secara biasa. Bila ada keterlambatan akan mempengaruhi instrumen lain seperti akomodasi, katering dan lainnya. (one)

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki
Jemaah haji dari Embarkasi Surabaya

Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim

Dua calon haji asal Pamekasan harus menunggu putusan pengadilan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016