Pesawat TNI AU dan F-18 Milik Australia 'Duel' di Kupang

Pesawat tempur F-16
Sumber :

VIVA.co.id - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) unjuk gigi dalam latihan bersama dengan angkatan udara Australia (RAAF) di langit perbatasan kedua negara, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Latihan bersama dengan kode latihan AMX Elang Ausindo 2015 itu, sudah dimulai sejak Selasa pagi, 25 Agustus 2015 dan akan berlangsung hingga dua hari ke depan.

Komandan Wing Skuadron III Kolonel Penerbangan Irwan Pramuda menuturkan, dalam latihan bersama itu, TNI AU mengerahkan lima pesawat tempur jenis F-16. Sedangkan RAAF mengerahkan delapan pesawat tempur jenis F-18 yang didatangkan langsung dari pangkalan militer mereka di Australia.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

"Kupang dipilih sebagai wilayah latihan karena wilayah ini berbatasan langsung dengan Australia," kata Irwan, Selasa, 25 Agustus 2015.

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Irwan menjelaskan, metode latihan yang dilaksanakan dalam latihan tempur udara Indonesia-Australia yakni satu lawan satu (close combat) jarak dekat dan akan berlanjut menjadi air combat maneuvering yang mana dua pesawat melawan satu pesawat. Serta akan dilaksanakan secara bergantian yakni satu F-16 TNI AU melawan dua pesawat tempur F-18 Australia begitupun sebaliknya.

"TNI Angkatan Udara akan terus melakukan operasi udara di setiap daerah perbatasan di seluruh wilayah Indonesia  untuk menunjukkan kepada negara lain bahwa wilayah perbatasan selalu dan senantiasa di jaga dan dikawal oleh TNI," kata Irwan.

Laporan Frits Floris - NTT

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024