Ketua MPR: Memahami Pancasila dengan Hati Nurani

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :
VIVA.co.id
Setelah ke DPR, Zaskia Gotik Belajar Pancasila di Kemenhan
- Pemahaman dan penghayatan Pancasila era sekarang sangat berbeda dengan penggalian, pemahaman dan penghayatan Pancasila era para pendiri bangsa Indonesia.

Arzetti Bilbina: Biar Masyarakat Menilai Zaskia Gotik

Kalau era para pendiri bangsa Indonesia, penggalian, pemahaman dan penghayatan Pancasila dengan hati nurani dan perenungan yang panjang dengan melihat dan memahami keberagaman yang ada di Indonesia.
Zaskia Gotik Jadi 'Duta Pancasila,' Kok Bisa?


Demikian diungkapkan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, usai membuka secara resmi Seminar Nasional dengan tema “Strategi Menangkal Gerakan Transnasional Radikal Demi Integrasi Bangsa”, yang diselenggarakan UPT Pusat Pengkajian Pancasila Universitas Negeri Malang, di Aula Utama UNM, Selasa 25 Agustus 2015.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

“Isi dari sila keempat Pancasila tentang musyawarah dan mufakat sangat terasa diimplementasikan,”kata Zulkifli.


Zulkifli mengatakan, sekarang berbeda jauh hampir di semua lini terjemahan musyawarah dan mufakat dari esensi sila keempat.  “Saat ini, justru esensi dari musyawarah mufakat adalah bagaimana caranya bisa menang. Yang menang mengambil semua sedangkan yang kalah terpuruk,”katanya.


Itulah mungkin yang menyebabkan Pancasila seperti dihilangkan dan sebabnya kenapa bangsa ini seperti kehilangan rohnya, ujarnya.


"Saya tekankan disitu, sejatinya menurut saya, pemahanan dan pengamalan Pancasila sila keempat itu, esensinya adalah kekeluargaan dan kegotong royongan. Itu harus dipahami jangan sampai bangsa ini kehilangan roh kebangsaan yakni nilai-nilai luhur bangsa," ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut Zulkifli Hasan mengharapkan agar seminar tersebut bisa menghasilkan satu pemikiran yang baik bagi sistem ketatanegaraan di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya