Jokowi Dijadwalkan Hadiri Kongres Sungai Indonesia

Rafting di Sungai Cimanuk
Sumber :
  • Diki Hidayat/ Garut VIVA

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri acara Kongres Sungai Indonesia (KSI) yang berlangsung di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada 26-30 Agustus 2015 mendatang.

Acara nasional yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan itu akan membahas nasib sungai Indonesia dan menegaskan eksistensi Indonesia sebagai negara maritim.

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017

Ketua Panitia Pelaksana KSI Myra Diarsi mengatakan, pada acara KSI mendatang Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato tentang restorasi sungai untuk kesejahteraan. Jokowi juga rencananya akan berdialog dengan komunitas sungai.

"Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Banjarnegara pada Jumat, 28 Agustus 2015. Presiden juga akan meninjau stand pameran festival sungai dan gelar budaya bertajuk Ekspresi Sungai," ujar Myra di Semarang, Selasa, 25 Agustus 2015.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

Selain itu, Jokowi juga akan mengunjungi kondisi terkini korban longsor Jemblung, Banjarnegara. Di sana Jokowi akan meresmikan hunian tetap para korban selamat di Desa Ambal, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara.

Baca juga:

Gelaran KSI 2015, lanjut Myra, bertujuan untuk menegaskan eksistensi negara Indonesia sebagai negara laut, negeri nusantara sebagai negeri air, manusia Indonesia sebagai manusia air, serta bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim.

Pernyataan itu sekaligus memastikan spiritualitas rakyat, bangsa, dan negara Indonesia, serta memposisikan sungai sebagai pusat peradaban bagi kelangsungan hidup dan kesejahteraan bersama.

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi

Baca juga:

KSI akan menjadi ruang temu sejumlah elemen bangsa guna membahas realitas serta mengonsolidasikan pikiran dan menyusun rancang strategis kerja bersama persoalan sungai.

"Sungai sebagai pusat peradaban bagi kelangsungan hidup dan kesejahteraan bersama. Acara ini juga untuk memperingati 70 Tahun kemerdekaan Indonesia menegaskan kedaulatan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ucap Myra.

Kabupaten Banjarnegara dipilih menjadi tuan rumah Kongres Sungai Indonesia pertama, bersamaan dengan penyelenggaraan Festival Serayu.

"Jadi, selain mengikuti kongres, peserta juga akan diajak terlibat dalam Festival Serayu."

Selain Presiden Jokowi, KSI juga akan menghadirkan sejumlah Menteri Kabinet Kerja seperti Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya