Puluhan Calon Jemaah Haji Batal Berangkat

Ilustrasi rombongan jemaah calon haji.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id - Gara-gara masalah visa, puluhan calon jemaah haji batal berangkat hari ini, Jumat 21 Agustus 2015.

Tawaf dan Rahasianya

Tujuh dari puluhan jamaah haji itu berasal dari embarkasi Medan. Visa ketujuh jamaah calon haji tersebut belum dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi.

"Ya, tujuh jemaah calon haji keberangkatannya tertunda karena visa" kata Kasi Pelayanan Jamaah Haji Embar Kasi Medan, Bahrum Saleh kepada wartawan.

Menurut Bahrum, tujuh jemaah calon haji itu sementara ini akan tetap berada di Asrama Haji di Jalan Abdul Haris Nasution, Medan. Pihaknya berencana menerbangkan tujuh jamaah calon haji itu pada Kloter kedua. "Insya Allah besok akan diberangkatkan," kata Bahrum.

Selain tujuh jemaah calon haji yang batal berangkat karena permasalahan visa, sebanyak 2 calon jemah haji lainnya tidak berangkat. "Yang itu karena istrinya sakit, sehingga suaminya turut mendampingi," katanya.

Dalam kloter pertama ini sebanyak 384 calon haji dari Kabupaten Labuhan Batu dan Kota Medan berangkat ke tanah suci melalui Bandara Internasional Kuala Namu di Medan, Sumatera Utara sekitar pukul 16. 45 WIB.

Keberangkatan jemaah calon haji dilepas langsung oleh PLT Gubernur Sumatera Utara dan sejumlah unsur Muspida lainnya.

Sementara, di Nusa Tenggara Barat, sebanyak 41 calon jemaah haji juga gagal berangkat hari ini. Mereka memiliki masalah yang sama, yaitu belum memiliki visa.

Kondisi itupun membuat sejumlah jamaah yang gagal berangkat ini terpaksa harus berbesar hati. Bahkan beberapa di antara mereka berteriak histeris karena kecewa tak dapat berangkat sesuai jadwal.

"Ini dia tiba-tiba kumpulkan saya dengan kira-kira 30 orang, terus
diberitahukan visanya belum keluar. Ya Allah saya sangat sedih sekali
dan kecewa. Sebelumnya sudah pamitan dari kampung sampai di sini batal berangkat," ujar Sahnib calon jemaah haji asal Kabupaten Lombok Barat.

Kekecewaan serupa juga terlontar dari Mursid, calon jemaah haji asal
Kabupaten Lombok Barat. Ia rencananya akan berangkat bersama empat orang sanak keluarganya, namun Ibunya Mariam karena belum mendapatkan visa terpaksa menunda keberangkatannya.

"Mungkin ini sudah takdir juga, artinya Allah belum merestui. Tapi
kata pihak haji tadi kami akan diberangkatkan pada kloter berikutnya.
Kami bersabar saja," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama NTB, Sulaiman Hamid, memastikan bahwa seluruh jemaah haji tahun ini akan berangkat haji. Menurutnya, permasalahan visa ini hanya karena keterlambatan pendistribusian dari Arab Saudi saja.

"Yang tidak bisa berangkat hari ini yang 41 orang, kami akan berupaya
agar visanya cepat ke luar. Mereka bukan gagal berangkat, tapi hanya
tertunda pemberangkatannya," jelasnya.

Hamid menambahkan pihaknya akan mengatur kembali jadwal pemberangkatan terhadap 41 orang tersebut. Di antara mereka yang belum mendapatkan visa, terdapat satu orang calon jemaah haji yang jatuh sakit dan masih dirawat di rumah sakit.

"Yang tidak berangkat hari ini, kami upayakan pada kloter kedua atau
ketiga. Yang tertunda berangkat ini akan tetap di asrama. Seluruh
biaya akomodasinya akan kami tanggung," tuturnya. (ase)

Satu Jam di Masjid Nabawi
Anggota Komisi VIII Desy Ratnasari

Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Uang itu tak boleh digunakan sembarangan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2017