8 Senam Ringan untuk Calon Haji Selama di Pesawat

Menteri Agama Lepas Kloter Pertama Jamaah Haji
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Jumat 21 Agustus 2015 ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan melepas kloter pertama calon jamaah haji Indonesia ke tanah suci. Butuh waktu terbang sekitar 9 jam dari tanah air sebelum jamaah menginjakkan kaki di Arab Saudi.

Tentu saja perjalanan panjang ini membutuhkan stamina kuat. Supaya kebugaran tetap terjaga meski berjam-jam terbang, calon haji disarankan melakukan gerakan-gerakan senam ringan selama di pesawat.

Dikutip dari buku "Pedoman Hidrasi Saat Haji dan Umroh" yang baru saja diluncurkan pada 19 Agustus 2015, kemarin, ada delapan gerakan ringan dan mudah yang bisa dilakukan jamaah tanpa mengganggu jamaah lainnya.

Aktivitas ini bisa dilakukan sambil duduk dengan menggerakkan leher, bahu, badan, lengan dan jari-jari, pinggul, tungkai dan kaki dengan arah gerakan ke kiri dan ke kanan.

Gerak 1
Posisi duduk, kedua lengan berada di samping badan. Palingkan leher ke arah samping kanan sehingga otot-otot leher sebelah kiri teregang, dan tahan selama 8 hitungan/10 detik dan lemaskan. Ulangi gerakan sejumlah tiga kali. Gerakan sebaliknya dilakukan ke arah kiri.

Gerak 2
Posisi duduk, kedua lengan di samping badan. Kedua bahu diangkat dan diregangkan, sehingga terasa regangan pada atas bahu dan otot-otot leher. Lakukan selama 8 hitungan/10 detik dan lemaskan. Ulangi gerakan sebanyak tiga kali.

Gerak 3
Posisi duduk, kedua telapak tangan bertemu di belakang kepala. Regangkan lengan dan bahu selama 8 hitungan/10 detik dan lemaskan. Ulangi gerakan sebanyak tiga kali.

Gerak 4

Posisi duduk, salah satu lengan dibengkokkan dengan melewati belakang kepala dan dipegang tangan yang lain. Regangkan dan tahan selama 8 hitunga/10 detik dan lemaskan. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali. Gerakan sebaliknya dilakukan ke arah yang lain.

Gerak 5
Posisi duduk, luruskan kedua lengan ke atas dan gabungkan tangan satu dengan lainnya, dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Regangkan dan tahan selama 8 hitungan/10 detik. Ulangi gerakan sebanyak tiga kali.

Gerak 6

Posisi duduk, kedua lengan diluruskan ke depan dan tangan yang bersatu dengan lainnya. Posisi telapak tangan menghadap ke depan. Regangkan dan tahan selama 8 hitungan/10 detik. Ulangi gerakan sebanyak 3 kali.

Gerak 7

Posisi duduk, kedua tangan dalam posisi mendorong dengan lengan ditekuk pada posisi kedua siku. Seluruh jari-jari tangan dibuka dan diregangkan selama 8 hitungan/10 detik, dan kemudian dilemaskan. Ulangi gerakan sebanyak tiga kali.

Gerak 8
Berdiri dan berjalan di dalam pesawat (jika memungkinkan) selama 5-10 menit.

Nah, selamat mencoba.

Tawaf dan Rahasianya
Anggota Komisi VIII Desy Ratnasari

Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Uang itu tak boleh digunakan sembarangan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2017