Kotak Hitam Trigana Hanya Berisi Rekaman Percakapan Pilot

Evakuasi korban jatuhnya pesawat Trigana Air di Papua
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Deputi Operasi Badan SAR Nasional Mayjen TNI Heronimus Guru memastikan bahwa pesawat Trigana Air hanya berisi rekaman percakapan pilot atau Cockpit Voice Recorder (CVR).

Sementara itu, untuk rekaman data penerbangan atau Flight Data Recorder (FDR) milik pesawat yang terjatuh di kawasan pegunungan Papua tersebut belum ditemukan.

"Black box yang ditemukan itu tidak utuh. Masih perlu kita cari FDR-nya, sehingga masih ada personel di sana," kata Heronimus di Jakarta, Rabu 19 Agustus 2015.

Ini Wujud Mengerikan Kepingan Pesawat Flydubai yang Jatuh

Baca Juga:

Ia menjelaskan, sebelumnya ada 10 orang dari Basarnas yang ditugaskan untuk mencari black box tersebut. Namun, hari ini ditambah 10 orang lagi, guna mencari bagian black box yang belum ditemukan tersebut.

"Ke-10 orang itu adalah BSG (Basarnas Specialis Group), pasukan khusus kita yang diturunkan guna mempercepat proses pencarian FDR tersebut," katanya.

terjatuh di kawasan pegunungan Papua pada Minggu 16 Agustus 2015. Sebanyak 49 penumpang dan lima kru dinyatakan tewas dari kejadian ini.

Proses evakuasi korban hingga kini masih berlanjut. Sementara itu, untuk CVR sudah diserahkan ke Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk diselidiki.

Tewaskan 62 Orang, Pesawat Flydubai Diduga Tailstrike
Kondisi puing-puing pesawat Flydubai

Tiga Dugaan Penyebab Pesawat Flydubai Jatuh dan Terbakar

Pesawat Flydubai memiliki catatan keamanan yang bersih.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2016