Pesawat Trigana Air yang Hilang Kontak Ditemukan

Ilustrasi pesawat Trigana Air
Sumber :
  • trigana-air

VIVA.co.id - Pesawat Trigana Air Service jenis ATR 42 dengan nomor penerbangan IL-257, tujuan Oksibil, yang hilang kontak, Minggu siang, 16 Agustus 2015, telah ditemukan. Kodam XVII Cenderawasih menyiapkan tiga helikopter menuju lokasi pesawat yang mengangkut 54 orang itu, yakni di Gunung Tangok di Distrik Okbape Kabupaten Pegunungan Bintang.

Kisah Tragis dan Mistis di Balik Evakuasi Tragedi Trigana

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal Fransen Siahaan, mengatakan, pihaknya mengetahui lokasi pesawat berdasarkan informasi masyarakat.

"Berdasarkan laporan Dandim 1702 Letkol Inf. Aidi, pesawat Trigana yang hilang kontak sudah ditemukan di Kamp 3, Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang. Informasi ini diperoleh dari masyarakat bahwa pesawat telah menabrak Gunung Tangok," ujar Pangdam.

Dia melanjutkan, saat ini tim evakuasi gabungan antara Tim SAR, Kodim dan Pos TNI Oksibil serta Polres sedang menuju lokasi.

Cerita Bupati Detik-detik Ditemukannya Trigana Air

"Saya juga sudah perintahkan Danrem 172/PWY Kolonel Inf Sugiono untuk segera mengirimkan heli membantu mengevakuasikan para korban pesawat Trigana Air Service," kata dia.

Proses evakuasi akan berlangsung mulai Senin pagi, 17 Agustus. "Karena sekarang waktunya sudah tak mungkin. Besok pagi baru akan dilaksanakan proses evakuasi," ujar dia.

Helli Kodam yang disiapkan berupa Heli Mi-17, Bolco maupun jenis Heli Bell. Menurut Pangdam, jajarannya juga telah mengkoordinasi tim yang akan melaksanakan penyisiran melalui udara dari Jayapura pada esok hari bersama-sama dengan tim dari Basarnas. 

"Tim yang dipersiapkan dilengkapi dengan peralatan medis dan peralatan mountaineering untuk melaksanakan evakuasi terkait dengan kondisi medan yang curam," kata dia.

Jasad Pembawa Rp6,5 Miliar Tragedi Trigana Tiba di Ambon
Ilustrasi pesawat Trigana Air

Ini 5 Maskapai Indonesia yang Sering Delay

Ada tiga faktor penyebab keterlambatan.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2016