Adu Domba Berhadiah Mobil

adu domba garut
Sumber :
  • Viva / Diki

VIVA.co.id - Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 70, para peternak domba Garut atau Dogar di Bandung, Jawa Barat, merayakan dengan cara adu ketangkasan domba. Hadiahnya istimewa, mereka yang menang bisa membawa pulang mobil dan sepeda motor.

Acara lomba ini digelar di papalangon, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.
Ketangkasan domba ini diikuti ratusan peserta dari delapan daerah di Jawa Barat.

Selama dua hari ini, mereka harus bertanding domba untuk memperebutkan hadiah sebuah minibus dan sepeda motor.

Dalam pertandingan ini, domba akan saling adu ketangkasan, namun sudah diatur oleh wasit dan juri. Sehingga, bukan seperti adu domba zaman dahulu. Harus ada domba yang menjadi korban.

Pada kejuaraan ketangkasan saat ini, semua sudah diatur lama beradu hanya 21 kali. Dan domba yang bisa mengikuti kejuaraan hanya domba yang sudah terlatih.

Selain sebagai bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan, lomba ketangkasan domba ini juga diselenggarakan untuk melestarikan budaya lama Sunda yang hampir punah.

Tak hanya itu, lomba ini juga bertujuan menarik wisatawan, juga meningkatkan kesejahteraan para peternak domba, terutama domba Garut.

"Antusias warga sangat besar untuk menyaksikan ini. Apalagi, area ketangkasan sudah didesain sedemikian rupa sehingga seperti arena menonton sebuah pertandingan tinju," kata ketua panitia lomba, Hermanto.

Selain diadakan lomba ketangkasan domba, digelar juga seminar tentang budidaya domba Garut yang diikuti para peternak domba.

Mengintip Nasionalisme Warga Kampung Bendera di Surabaya

Laporan: Jhon Hendra

Legiun veteran perang lakukan tebar bunga di Taman Makam Pahlawan

Perngati HUT RI, Veteran Perang Tabur Bunga di TMP Semarang

Hal itu dilakukan guna menghormati rekan seperjuangan yang telah gugur

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016