Helikopter TNI AU Jatuh di Bogor

Yusron Ihza: Segera Audit Alutsista TNI

VIVAnews - Kecelakaan helikopter milik TNI Angkatan Udara kembali terjadi dalam waktu kurang dari sepekan. Kejadian ini disesalkan Wakil Ketua Komisi Pertahanan dan Luar Negeri Dewan Perwakilan Rakyat, Yusron Ihza Mahendra.

Menurut politisi asal Partai Bulan Bintang itu, TNI seharusnya segera mengaudit alat utama sistem persenjataan (alutsista) miliknya. TNI juga harus segera membentuk tim penyelidik independen untuk menyelidiki penyebab kecelakaan.

"Audit alutsista harus benar-benar serius dilakukan," kata Yusron di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 12 Juni 2009.

Pemerintah, lanjut Yusron, harus mulai memisahkan alutsista yang layak dan kurang layak. "Ini bukan canda atau gurauan, karena ini menyangkut nyawa para perwira kita," ujarnya.

Yusron juga mengusulkan agar pemerintah membentuk tim independen penyelidik kecelakaan. Menurut Yusron, tim ini nantinya terdiri dari TNI AU tapi juga berasal dari luar TNI.

"Karena TNI ada garis komandonya, kalau sebelum penyelidikan selesai, KSAU sudah berkata ini akibat cuaca, maka mana berani bawahannya menyimpulkan hal lain," jelasnya.

Mengenai masalah audit, Badan Pemeriksa Keuangan menilai pemerintah belum cukup baik dalam mengelola aset negera. Di Departemen Pertahanan dan TNI, misalnya, tidak dipisahkan alutsista yang sudah jadi barang rongsokan dan yang masih terpakai.

Ketua BPK Anwar Nasution menyinggung neraca Departemen Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia yang mencatat aset sekitar Rp 163 triliun atau 24 persen dari aset pemerintah. Sekitar Rp 47 triliun atau 29 persen dari aset Departemen Pertahanan dan TNI itu adalah berupa peralatan dan mesin alutista (alat utama sistem persenjataan).

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

arry.anggadha@vivanews.com

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024