Lengser dari Menteri, Andrinof Chaniago Mau Jadi Penceramah

Kepala Bappenas & Menko Maritim
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Koordinator Kemaritiman
VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo merombak kabinet atau mengganti lima Menteri dan Sekretaris Kabinet pada Rabu, 12 Agustus 2015. Satu di antaranya ialah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago. Dia digantikan Sofyan Djalil, yang sebelumnya menjabat Menteri Koordinator Perekonomian.
PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik

Andrinof Chaniago menggelar perpisahan dengan para stafnya di gedung Bappenas di Jakarta pada Rabu sore, 12 Agustus 2015. Dia didampingi istrinya, Yultifani. Tampak sejumlah pegawai berbaris dan mengucapkan salam perpisahan kepada Andrinof.
Baru 60 Persen Tanah di Surabaya yang Bersertifikat

Dia mengaku akan mulai fokus menjalani kegiatan sebagai pengajar setelah tak lagi menjabat menteri. "Setelah ini, mungkin mau mengajar, jadi penceramah, melakukan kegiatan sosial, melakukan penelitian, memberikan rekomendasi. Nanti saya juga bekerja yang masih ada hubungannya dengan pemerintahan,” katanya.
Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi

Presiden resmi melantik lima menteri baru Kabinet Kerja dan Sekretaris Kabinet di Istana Negara pada Rabu, 12 Agustus 2015. Lima menteri baru ini menggantikan lima menteri Jokowi sebelumnya, dan Sekretaris Kabinet yang lama.

Pelantikan lima Menteri dan Sekretaris Kabinet dalam sisa jabatan periode 2014-2019 tertuang dalam Surat Keputusan Presiden RI yang dibacakan di hadapan Presiden dan Menteri serta Seskab yang akan dilantik.

Kelima menteri baru itu adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Negara Kepala Bappenas Sofyan Jalil, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong. Sekretaris Kabinet yang baru dijabat Pramono Anung.

Dalam surat keputusan itu pula, Presiden memberhentikan dengan hormat sebagai Menteri Negara periode 2014-2019, yakni Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

"Kepadanya disertai ucapan terima kasih atas baktinya kepada bangsa dan negara," demikian isi surat keputusan Presiden.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya