Perkasanya Jet Tempur Sukhoi Paksa Turun Pesawat Asing

Empat Jet Sukhoi Siap Usir Pesawat Asing Masuk Ambalat
Sumber :
  • Muhammad Tahir/Tarakan

VIVA.co.id - Dua pesawat tempur Sukhoi miliki TNI Angkatan Udara berhasil memaksa turun pesawat asing. Dengan sandi operasi 'Perkasa', dua Sukhoi milik Indonesia ini berhasil mengamankan empat orang dalam pesawat tersebut.

HUT TNI AU, Penerbangan Komersil di Halim Ditutup

Pesawat asing itu kedapatan memasuki wilayah udara perbatasan Indonesia dan Malaysia. Setelah pesawat asing itu dipaksa turun, empat orang yang terdiri satu pilot dan tiga penumpang dibawa ke markas Lanud Tarakan untuk diperiksa.

Pengejaran dilakukan setelah adanya laporan masuk mengenai pesawat asing yang memasuki wilayah udara Indonesia di Ambalat, Kalimantan Utara. Penerbang dari TNI langsung melakukan pengejaran dengan dua jet tempur Sukhoi jenis SU 27 SKM dan SU 30 MK2.

Bos Lion Ungkap Asal Muasal Perjanjian Bandara Halim

Setelah mengetahui titik pesawat asing, dua pesawat jet tempur Sukhoi langsung melakukan kontak radio. Pesawat asing itu dipaksa turun dan mendarat di Lanud Kota Tarakan sebelum akhirnya dilakukan pemeriksaan.

Namun aksi heroik ini hanya merupakan rangkaian dari latihan yang digelar TNI Angkatan Udara menyusul banyaknya pelanggaran baik di wilayah udara dan laut yang terjadi.

Empat Super Tucano Tiba di Lanud Abdurahman Saleh Malang
Kolonel Penerbang Kustono selaku Asisten Operasi Kohanudnas mengatakan latihan ini digelar sebagai bentuk mencegah kembali terjadinya pelanggaran wilayah udara Indonesia yang selama 2015 ini telah terjadi beberapa kali.

Menurut Kustono, operasi perkasa 2015 ini akan rutin digelar sepanjang tahun. Selain untuk menekan terjadinya pelanggaran wilayah udara Indonesia juga dilakukan untuk antisipasi jelang pelaksanaan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-70.

Laporan Muhammad Tahir

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya