Dialog Lucu Jokowi dan Anak-anak di Istana Bogor

Presiden Jokowi dalam Puncak Perayaan Hari Anak Nasional 2015.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Cristina Nila Yulika.

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo membagikan sepeda dalam perayaan puncak Hari Anak Nasional yang digelar di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 11 Agustus 2015. Meski sepeda diberikan secara cuma-cuma, tapi Jokowi punya cara khas untuk membagikan sepedanya. Memberikan pertanyaan kepada anak-anak yang hadir dan memilih satu di antara ribuan anak.

Anak-anak yang hadir pun riuh berebut maju ke depan manakala Jokowi melontarkan pertanyaan berhadiah sepeda. Sesi tanya jawab Jokowi dengan anak-anak tak jarang mengundang gelak tawa.

Salah satunya, saat tanya jawab Jokowi dengan bocah bernama Puji Amalul dari Kepulauan Riau. Saat Jokowi meminta Puji menyebutkan 15 nama hewan, Puji justru meminta lebih. "Pinter banget, 15 saja sudah susah," kata Jokowi.

Gelak tawa kembali pecah saat Jokowi berdialog dengan Puji. Bermula saat Puji menyebut nama semut, Jokowi terpancing bertanya.

"Kamu punya banyak semut? Pelihara semut?" kata Jokowi.

"Iya," ujar Puji.

Gelak tawa ribuan hadirin pun tak terelakkan. Apalagi saat Puji mengomentari setiap hewan yang dia sebutkan. Jokowi pun lantas komplain dan berkata, "Kamu cowok kok cerewet banget." Kembali gelak tawa peserta perayaan tumpah mendengar protes Jokowi.

Sejurus kemudian Jokowi menyambung kalimatnya dan mengatakan," "Anak Indonesia memang harus aktif."

Tantangan lain diberikan Jokowi pada anak-anak lain. Menari saman dan menyebutkan nama-nama pohon. Lagi-lagi anak yang terpilih naik ke panggung mengundang gelak tawa peserta dan pendamping yang hadir dalam perayaan puncak Hari Anak Nasional.

Hari Anak Nasional, Aktivis Berkumpul di Rumah Engeline

Anak bernama Anastasia malah menyebutkan nama-nama pohon buah, seperti pohon mangga, pohon manggis dan lainnya. "Itu namanya nama-nama buah, tapi tidak apalah," kata Jokowi menenangkan.

Jokowi sempat kebingungan mencari pertanyaan yang mudah bagi anak-anak. Itu karena sepeda yang disediakan panitia masih sangat banyak. Tak kehabisan akal, Jokowi pun lantas memberikan sepeda secara cuma-cuma kepada anak-anak. Usai membagikan sisa sepeda, Jokowi berpesan agar anak Indonesia rajin belajar juga berolahraga.

"Anak-anak semuanya yang saya sampaikan, saya titip belajar yang baik, ibadah, olahraga," ujar Jokowi menutup perayaan puncak Hari Anak Nasional 2015.


Presiden Joko Widodo artis cilik Tissa Biani selfie Hari Anak Nasional

Jokowi Nilai Tiga Provinsi Ini Layak Bagi Anak-anak

Tiga provinsi itu diberi penghargaan khusus.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2015