Ingin Rayakan HUT RI di Puncak Gunung, Waspadai Ini

Pesona Gunung Tambora
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Bagi yang sudah bersiap-siap merencanakan acara memperingati kemerdekaan RI di puncak gunung, diminta lebih berhati-hati. Diketahui sejak beberapa waktu ini, sejumlah gunung api di Indonesia sedang dalam kondisi erupsi.

"Ikuti semua petunjuk dan larangan yang telah dikeluarkan oleh instansi terkait, seperti BPTTKG (Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi), atau pun SAR (Search and Rescue)," ujar Mbah Rono, atau Surono, pakar geologi di Yogyakarta, Selasa 11 Agustus 2015.

Setahun Sinabung Meletus, BNPB Sudah Kucurkan Rp356,5 Miliar

Baca:

Saat ini, kata staf ahli Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ini, sejumlah gunung seperti Sinabung di Medan, Raung di Banyuwangi, sedang dalam kondisi tak aman.

"(Karena itu) Masyarakat harus mentaati daerah mana yang aman dari dampak erupsi kedua gunung berapi tersebut," ujarnya.

Terkait status , saat ini masih normal aktif dan memang ada imbauan, agar tidak menggelar upacara bendera di puncak Merapi, namun hanya berada di pos pasar bubrah yang lokasinya cukup aman bagi pendaki.

Baca:

"Yang jelas, Merapi tetap normal aktif. Kalau ada kabar-kabar yang merapi aktivitasnya meningkat, hal tersebut hanya mencari sensasional saja," katanya. (asp)

Balita Ini Sudah Mendaki Sejak Usia 1 Tahun
Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta

Kapolri: Kericuhan di Karo Akibat Dialog Belum Matang

Warga menolak pembangunan relokasi pengungsi Sinabung.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2016