Darurat Kekeringan, Jateng Kebut Pembangunan 1.000 Embung

Kekeringan waduk
Sumber :
  • ANTARA/Maulana Surya
VIVA.co.id
Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging
- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya mempercepat pembangunan 1.000 embung untuk mengatasi darurat kekeringan di daerah itu. Saat ini, sudah ada 568 buah cekungan penampung air yang kini sudah tersebar di berbagai daerah.

Atasi Krisis Energi Harus dengan Kerja Lintas Sektoral

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, khusus tahun 2015, pihaknya mengupayakan pembangunan 39 embung. Jumlah itu akan dikhususkan bagi sejumlah desa yang dilanda kekeringan terparah.
Perubahan Iklim Ancam Triliunan Dolar Aset Keuangan Global


"Lokasi embung diprioritaskan wilayah pertanian yang mengalami kekeringan akut, minimal 10 persen daerah di wilayah itu mengalami kekeringan," kata Ganjar di sela tinjauannya di Sukoharjo Jawa Tengah, Kamis 6 Agustus 2015.


Dari 39 embung yang dibangun tahun ini, sembilan embung akan dibangun menggunakan dana APBD Provinsi. Sisanya dibangun dari anggaran berbagi antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Provinsi Jateng.


Detailnya, Kementerian PU siap membantu Rp500 miliar. Sisa anggaran akan dimintakan dari Kementerian Pertanian dan APBD Provinsi. Dengan target perampungan tiga tahun untuk 1.000 embung.


Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Budi Yuwono menambahkan terkait bantuan 500 embung dari pemerintah pusat, pihaknya saat ini juga menyiapkan lahan yang bisa dibangun. Sebab pemerintah pusat baru akan membangun jika pemda sudah jelas lahannya.


"Sebagian lahan sudah siap. Ada 50 tititk kita identifikasi, sebagian lainnya masih belum. Ini baru diidentifikasi lahan-lahan yang potensial," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya