Aktivis Anti-Rokok Peringatkan Soal Darah Babi

Ilustrasi rokok
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan
- Komisi Nasional Pengendalian Tembakau meminta masyarakat untuk menghentikan kebiasaan merokok. Sebab, filter yang ada di sebatang rokok mengandung hemoglobin babi.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Di Filter rokok itu ada hemoglobin babi," ujar Ketua Komnas Pengendalian Tembakau, Hakim Sarimuda Pohan, dalam jumpa pers bersama Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Rabu, 5 Agustus 2015.
Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini


Hakim mengatakan, hemoglobin atau protein darah babi digunakan dalam filter rokok untuk menyaring racun kimia agar tidak masuk ke dalam paru-paru perokok.


Filter yang digunakan untuk rokok yang beredar di Indonesia merupakan filter impor yang mengandung komponen dari darah babi.


Hal itu menguak setelah Profesor Kesehatan Masyarakat dari Universitas Sydney, Simon Chapman memperingatkan kelompok agama tertentu terkait dugaan adanya kandungan sel darah babi pada filter rokok.


"Kiai, Menteri, yang merokok kita beri pencerahan. Di filter rokok ada hg babi. Tanya berapa kali dia harus cuci bibir mereka pake tanah," kata Hakim.


Menurut Hakim, menghirup udara bersih bebas dari asap roko adalah hak asasi manusia. "Hanya berapa orang yang berani kalau lagi di angkutan umum, sopirnya ngerokok kemudian negur sopirnya biar matiin rokok," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya