Peserta Muktamar Muhammadiyah Galang Dana untuk Tolikara

Peserta Muktamar Muhammadiyah Galang Dana untuk Tolikara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hudzaifah Kadir
VIVA.co.id - Para peserta Muktamar Muhammadiyah menggalang dana bantuan untuk warga korban insiden kerusuhan di Tolikara, Papua.
Tingkatkan Kerja sama, BSM dan Muhammadiyah Teken MoU

Penggalangan dana dilakukan di Balai Sidang Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 4 Agustus 2015.
Muhammadiyah: Teroris Musuh Bersama yang Perlu Diberantas

Aksi yang diprakarsai Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua, Hasan Samay, itu terkumpul dana Rp70.151.000 atau lebih Rp70 juta. Menurut dia, para peserta muktamar sangat antusias dengan penggalangan dana itu.
Muhammadiyah Gelar Silaturahmi Tokoh-tokoh Nasional

Menurut Hasan, seluruh dana yang terkumpul akan disalurkan kepada Pemerintah Kabupaten Tolikara untuk membangun kembali masjid yang dibakar dalam kerusuhan itu. Perwakilan Muhammadiyah akan memfasilitasi pembangunan masjid itu kelak.

Hasan mengakui bahwa membangun sebuah gedung atau masjid di Tolikara memang tidak murah. Sebab, utamanya adalah akses jalan dan transportasi yang tak memadai sehingga meningkatkan biaya distribusi bahan bangunan. Begitu juga dengan ongkos pekerjanya.

Dana Rp70 juta itu pun masih sangat kurang untuk membangun masjid di Tolikara. Namun dia berharap dana itu langkah awal untuk pembangunan dan kemudian disusul sumbangan dari sejumlah pihak maupun pemerintah kabupaten setempat.

“Kita harus pelan-pelan, dan wajib membaca situasi di sana. Di sana itu beda, kita harus banyak melakukan diplomasi dengan masyarakat dan birokrasi terkait,” ujarnya.

Di Papua masih minim masjid. Umat Islam di Papua masih menjadi minoritas sehingga membuat pembangunan masjid cukup sulit. Namun Muhammadiyah Papua terus mencoba membangun satu demi satu masjid di tanah Papua.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya