Jawa Barat Bakal Ganti Nama Jadi Pasundan

Jawa Barat
Sumber :
  • Repro - Google Map
VIVA.co.id
Jika Jawa Barat Berubah Nama Jadi Pasundan
- Provinsi Jawa Barat akan berganti nama menjadi Provinsi Pasundan. Hal itu disampaikan tim pengkaji perubahan nama Provinsi Jawa Barat, yang memperjuangkan perubahan nama Provinsi Jawa Barat kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi.

DPR: Jabar Diubah Pasundan Berpotensi Primordialisme

"Saya selaku pribadi, menyambut baik prakarsa perubahan nama provinsi Jawa Barat dan memberikan dukungan terhadap gerakan aspirasi ini," kata Menteri Yuddy, di Kantor Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Selasa, 4 Agustus 2015.
Politisi PPP Ajak Orang Sunda Dukung Provinsi Pasundan


Tim pengkaji perubahan nama menyampaikan, pergantian nama dari Jawa Barat menjadi Pasundan didasari oleh identifikasi nilai-nilai sejarah, kesukuan di tanah Pasundan. Bahkan, nama Pasundan sudah dikehendaki menjadi nama provinsi di barat Pulau Jawa itu  sejak zaman penjajahan Belanda lalu.


Menteri Yuddy mengatakan aspirasi yang dibawa tim itu dimungkinkan bakal terwujud karena ada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 30 tahun 2012 tentang pedoman pemberian nama ibu kota, nama daerah dan pemindahan ibu kota.


Namun, Menteri Yuddy secara perspektif pemerintah mengatakan, gaung gagasan ini belum begitu masif di kalangan masyarakat tanah Parahiyangan. Sehingga pemerintah belum terlalu menangkap urgensi perubahan ganti nama provinsi Jawa Barat.


"Saya minta ruang pembahasannya diperluas, jangan di tataran elite saja," kata Menteri Yuddy.


Menteri Yuddy kemudian memberi contoh ide perubahan nama Jawa Barat menjadi Sunda-Jabar, Parahyangan-Jabar, atau Pasundan-Jabar, sebagai
win win solutio
n agar seluruh kesukuan dan wilayah di Jawa Barat seperti Cirebon dan Indramayu terakomodatif.


Sementara, Aji Saputra, koordinator tim pengkaji perubahan nama provinsi Jawa Barat, mengatakan masyarakat Sunda makin kehilangan jati diri, dan juga secara geografis posisi Jawa bagian barat itu adalah Provinsi Banten dan Jakarta.


"Dulu namanya pernah jadi Tatar Sunda, lalu diubah oleh Belanda jadi
West Java
. Kita ingin berubah nama agar identitas masyarakat Sunda tidak luntur dengan perubahan nama ini," ujarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya