Buka Aseanapol, JK Minta Kerja Sama Penegakan Hukum

pengukuhan yudi chrisnandi menjadi guru besar unas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Konferensi Polisi Kawasan ASEAN atau Aseanapol yang ke-35 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa 4 Agustus 2015. Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Badrodin Haiti terlihat mendampingi.

Dalam sambutannya, JK menyampaikan bahwa tugas Kepolisian mempunyai kesamaan universal sebagai penegak hukum. "Kita menyadari tugas Kepolisian melayani, dan melindungi masyarakat. Tentu kerjasama ini dengan baik," ujar Jusuf Kalla saat membuka acara Aseanapol, di Jakarta.

Tentunya, dengan adanya kegiatan ini dapat menyelesaiakan kasus kriminal, korupsi, dan cybercrime antar negara, dengan didukung dengan adanya teknologi yang cangih dapat memberikan kerjasama dengan baik.

"Maka pertemuan ini meningkatkan kerjasama, dan meningkatkan kemampuan bersama dalam melindungi masyarakat. Setiap langkah kejahatan selalu melibatkan hubungan antar negara," katanya.

Selain itu, JK mengatakan bahwa dalam pertemuan ini akan menitikberatkan juga pada masalah kasus kejahatan terorisme yang hingga kini jaringannya melibatkan negara lain.

"Terorisme juga, bagaimana konflik dengan mudah mendapat logistik dari negara tetangga. Warga Indonesia menyeberang ke negara tetangga. Teroris dari Indonesia juga dapat memberi pengalaman di negara lain," katanya.

Kemudian, dalam kerja sama ini akan meningkatkan bidang kelautan terutama masalah pencurian ikan (ilegal fishing) yang marak terjadi di perairan wilayah Idonesia.

"Kita harapkan, tema konferensi ini kita semua menyadari stabilitas negara terlaksana kalau ada keamanan, dan sebaliknya. Kita tekankan, saudara baik adalah tetangga terdekat, Asean saling membantu," ujar JK.

Acara Aseanapol ialah forum kerjasama resmi Kepala Kepolisian seluruh negara Asean yang membahas isu strategi di kasawan tersebut. Dalam pertemuan tersebut, sebanyak 20 negara yang terdiri 10 negara anggota Asean, serta perwakilan dari negara peninjau, dan negara mitra dialog diantaranya Selandia Baru, Jepang, dan Australia.

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016
Wakil Presiden Jusuf Kalla

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Pameran diikuti 33 perusahaan otomotif, mulai dari mobil hingga motor.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016