Pansel: Polri Jamin Tak Kriminalisasi Capim KPK

Pansel KPK dan Kabareskrim
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah
VIVA.co.id -
PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya
Kepolisian memberikan jaminan bahwa mereka tak akan melakukan kriminalisasi atau mengungkit kasus kecil yang menimpa calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi jika nantinya mereka terpilih. Beberapa waktu lalu, terjadi kegaduhan hukum akibat pimpinan KPK menjadi tersangka.

Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK

"Mereka (kepolisian) memberikan jaminan kalau misalnya mereka sudah mengeluarkan
Sekjen Golkar: Kritik Pimpinan Baru KPK Tradisi Jelek
clear and clean lalu tiba-tiba ada kejadian kecil seperti kemarin masalah kriminalisasi, polisi berani jamin," kata Ketua Pansel Destry Damayanti di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Senin 3 Agustus 2015.


Kemarin, kata Destry, pansel baru saja bertemu dengan Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso dan dia memberikan jaminan itu.


"Kalaupun ada masalah minor itu akan ditangguhkan karena itu yang kami harapkan. Kalau ada masalah minor ditangguhkan prosesnya nunggu sampai dia selesai masa pimpinan KPK. Jangan sampai dia saat memimpin KPK tiba-tiba masalah kecil muncul," ujar dia.


Sementara, untuk capim yang berasal dari kepolisian, pansel tentu tak hanya mengandalkan hasil rekam jejak dari kepolisian. Oleh karena itu, pansel juga menggandeng KPK, kejaksaan, PPATK dan lainnya.


"Kalau kita minta satu institusi ya nggak fair makanya kita sebar, termasuk melibatkan masyarakat," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya