Citilink Tergelincir di Padang, Tiga Penerbangan Delay

Pesawat Citilink.
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Pesawat Citilink yang membawa 174 penumpang tergelincir di Bandara Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, Minggu malam, 2 Agustus 2015, sekitar pukul 19.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Meski tidak ada korban jiwa, insiden tergelincirnya Citilink ini menyebabkan sejumlah jadwal penerbangan dari dan menuju Padang tertunda. Pasalnya, badan pesawat masih dievakuasi ke luar runway.

"Pasti (penerbangan lain) terhambat, meskipun sudah di luar runway tapi masih ada sayap yang menjorok ke runway, harus dipastikan aman untuk take off," kata Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi kepada tvOne.

Akibat insiden ini, Agus menyebut, setidaknya ada tiga penerbangan pada Minggu malam ini yang mengalami penundaan. "Ada tiga flight tertunda, dari Lion Air, Siriwijaya Air, dan Garuda Indonesia," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Operasi Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo, menegaskan pihak Angkasa Pura saat ini sedang berkoordinasi dengan maskapai, KNKT dan Kementerian Perhubungan untuk mengevakuasi badan pesawat keluar runway.

Ada Bahaya Tersembunyi di Bandara Halim?

Menurutnya, dalam hal evakuasi pesawat ada beberapa prosedur yang harus dilakukan.

"Semua itu ada prosedurnya, kita sedang koordinasi, kita sedang tangani pesawatnya agar bandara bisa segera digunakan," ujar Djoko.

Pesawat Wings Air mendarat darurat di Berau, Kalimantan Utara, Selasa, 29 Maret 2016.

KNKT Selidiki Pesawat Wings Air Tabrakan di Kupang

Wings Air menabrak taxiway hingga menyebabkan robek di ekornya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016