Kemenag Luncurkan Layanan Haji Online

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Qur'ah Pemondokan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji
- Kementerian Agama secara resmi meluncurkan layanan paket informasi haji pintar atau haji online. Aplikasi berbasis Android untuk pelayanan jamaah haji Indonesia di Arab Saudi.

Tawaf dan Rahasianya

Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenetrian Agama, Abdul Djamil mengatakan pelayanan aplikasi ini meliputi akomodasi, transportasi, catering, manasik, dan daftar nama-nama Penyelenggara Ibadah Haji Khusus.
Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita


"Dengan aplikasi ini jamaah haji dapat mengetahui lokasi hotel tempat mereka menginap, lengkap dengan jalur bus shalawat, serta menu makanan yang akan mereka santap selama manasik haji," kata Abdul di Hotel Millenium, Jakarta, Jum'at 31 Juli 2015.


Disamping itu, kata dia, doa-doa manasik haji juga bisa dilihat di aplikasi tersebut. Jamaah bisa mengunduh aplikasi tersebut lewat
google play store.


Selain itu, tahun ini Indonesia juga telah menerapkan kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait penerapan e-Hajj. E-Hajj adalah transparansi data-data haji berbasis teknologi informasi sehingga bisa diakses oleh seluruh jamaah haji.


E-Hajj telah diterapkan tahun ini dengan Indonesia sebagai
pilot project
karena pemerintah Arab Saudi menilai Indonesia sangat baik mengurus jamaah haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya