Penyebab Tak Ada yang Minat Jadi Bupati di Daerah Ini

Panwaslu Malang Pangkas Anggaran Pilkada hingga Rp1,5 Miliar
Sumber :
  • D.A. Pitaloka/Malang
VIVA.co.id
Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma
- Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum Hadar Nafis Gumay mengatakan, satu daerah yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tidak memiliki pasangan calon kepala daerah dalam pendaftaran Pilkada tahun 2015.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

Dalam keterangannya, Hadar menjelaskan, proses pendaftaran paslon kepala daerah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur agak unik.
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI


"Ada satu paslon yang mengabarkan akan mendaftar di hari kedua pendaftaran. Satu paslon lainnya akan mendaftar di hari ketiga, tapi kemudian di hari kedua, keduanya mengabarkan akan datang saat
injury time
  mendekati penutupan," kata Hadar di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu malam 29 Juli 2015.


Hadar menambahkan, ketika satu paslon sudah datang, mereka menunggu dan tidak mau mendaftar karena menunggu satu paslon lainnya.


"Begitu lima menit mau tutup, dia mengatakan tidak menjadi mendaftar karena satu paslon lannya tidak jadi mendaftar," kata Hadar.


Hal tersebut, menurut Hadar merupakan salah satu kejadian yang unik.


"Dengan kejadian ini, maka itu saya berharap janganlah daerah itu dibiarkan dalam situasi yang tidak jelas dan pemilihan kepala daerahnya menunggu sampai Pilkada selanjutnya yaitu tahun 2017, kalau memang mau daftar bareng nanti tetap dilayani di meja yang berbeda kok," katanya.


Selain itu, hal tersebut akan berpotensi tidak akan ada kepala daerah, karena peraturan sekarang, jika hanya satu paslon dalam Pilkada akan ditunda.


"Oleh karena itu, saya mengimbau parpol betul-betul memanfaatkan ruang dan ajukan calon untuk Pilkada, tidak perlu tunggu-tungguan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya