Ada 122 Calon Kepala Daerah Petahana di Pilkada Serentak

Komisioner KPU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Mohammad Nadlir

VIVA.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu 29 Juli 2015, mengumumkan jumlah pasangan calon (paslon) kepala daerah yang sudah mendaftar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2015.

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Sebelumnya, KPU merilis ada 704 paslon kepala daerah yang sudah mendaftar. KPU kembali memperbaharui data dan diketahui terdapat 810 paslon kepala daerah yang sudah mendaftar dalam Pilkada serantak.

Anggota Komisioner KPU, Arief Budiman mengatakan, dari 810 paslon kepala daerah yang sudah mendaftar, ada 122 paslon kepala daerah yang merupakan petahana atau incumbent.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

"Ada 122 dari 810 paslon kepala daerah yang merupakan petahana, baik sebelumnya kepala daerah maupun wakil kepala daerah," ujar Arief di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu 29 Juli 2015.

Arief menambahkan, dari 810 paslon kepala daerah yang mendaftar, sebanyak 752 calon kepala daerah berjenis kelamin laki-laki dan 58 calon kepala daerah berjenis kelamin perempuan.

KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit

"Sedangkan wakil kepala daerah berjenis kelamin laki-laki berjumlah 746, dan wakil kepala daerah berjenis kelamin perempuan sebanyak 64," kata Arief.

Selain itu, jelas Arief, 810 paslon kepala daerah yang sudah terdaftar tersebar di 268 daerah.

"Total daerah seharusnya 269, tapi sampai saat ini satu daerah yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow belum ada satupun calon yang mendaftar untuk Pilkada," jelasnya.

Lebih lanjut, Arief mengungkapkan, 810 paslon kepala daerah yang sudah mendaftar terdiri dari 20 paslon Gubernur dan Wakilnya yang tersebar di 9 provinsi, 678 paslon Bupati dan Wakilnya yang tersebar di 223 Kabupaten dan 114 paslon Walikota dan wakilnya yang tersebar di 36 Kota. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya