Moeldoko: Tangani Kebakaran Hutan Harus di Luar Kebiasaan

Penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVA.co.id - Mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyebutkan harus ada upaya penanganan di luar kebiasaan untuk menangani kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Sebab bencana ini selalu berulang dan seoalh sudah menjadi tradisi di daerah ini. "Harus ada solusi out of the box yang di luar kebiasan untuk menghentikan kebakaran hutan dan lahan," kata Moeldoko usai menyaksikan peluncuran Desa Bebas Api di Kerinci Pelalawan Riau, Selasa 28 Juli 2015.

Selama ini, menurut Moeldoko, bencana kebakaran mayoritas ditengarai oleh adanya kebutuhan pengolahan olah masyarakat. Sementara di sisi lain, warga tak memiliki peralatan yang memadai.

"Jadi dari pada mengeluarkan dana besar untuk pemadaman, lebih baik untuk menyediakan perlengkapan dan bantuan untuk pengolahan lahan yang tentu lebih murah," katanya.

Desa Bebas Api

Kebakaran Besar Melanda Portugal

Bersamaan dengan itu, PT Riau Andalan Pulp and Paper resmi meluncurkan program Desa Bebas Api. Sebanyak sembilan desa di sekitar Sungai Kampar akan dilibatkan menjadi percontohan.

Menurut Direktur RAPP Rudi Fajar program Desa Bebas Api diklaim menggunakan lima pendekatan termasuk insentif bagi masyarakat yang tidak membakar lahan, membangun kepemimpinan dalam pencegahan kebakaran dan memberikan pertanian alternatif yang berkelanjutan.

Termasuk juga untuk pemantauan kualitas udara serta penyuluhan tentang dampak negatif kebakaran.

"Fokus pada masyarakat, bekerja sama pemerintahan setempat dan LSM, adalah kunci untuk menyelesaikan akar masalah kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Kebakaran hutan di Portugal.

Kebakaran di Portugal, Nasib WNI Terus Dipantau

KBRI Lisbon diperintahkan melacak WNI apakah jadi korban atau tidak.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016