Terkubur Tanah Longsor 10 Jam, Seorang Bocah Meninggal

Evakuasi longsor Jember
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji
VIVA.co.id
1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan
- Setelah 13 jam mendapatkan perawatan usai dievakuasi tim SAR, Aisyah Lubis, bocah yang tertimbun tanah longsor di Kota Padang Sidimpuan, Sumatera Utara menghembuskan nafas terakhirnya. Dia terkubur selama sepuluh jam sebelum dievakuasi.

Longsor Terjang Ratusan Rumah di Maluku

Aisyah  (9 tahun) meninggal dunia dalam perawatan intensif tim medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Sidimpuan kemarin petang, Selasa 28 Juli 2015, akibat menderita luka serius di beberapa bagian tubuhnya.
Detik-detik Mengerikan Longsor Condet


"Korban menderita luka serius di kepala, dada dan kaki," kata tim medis RSUD Padang Sidimpuan, Rabu 29 Juli 2015.


Jasad gadis mungil itu, kini telah dimakamkan keluarganya di pemakaman umum Silayang-layang.


Dengan kepergian Aisyah ini, sementara ini, Pemkot Padang Sidimpuan mencatat, jumlah korban meninggal dalam bencana tanah longsor di  Kecamatan Padang Sidempuan Utara menjadi tujuh orang. Sementara, dua korban lainnya menderita luka dan masih mendapatkan perawatan tim medis.


10 jam bertahan hidup tertimbun longsor


Aisyah ditemukan dan berhasil dievakuasi tim Search and Rescue (SAR) gabungan dari material longsor yang menimbun rumahnya.


Aisyah ditemukan dalam kondisi sudah lemas dan baru bisa dievakuasi sekitar pukul 04.20 WIB, Selasa, 28 Juli 2015 setelah selama 10 jam tertimbun di dalam material longsor.


Tubuh mungil Aisyah tertimbun dan terjepit material longsor sedalam lebih dari satu meter. Titik lokasi tertimbunnya Aisyah berada di sekitar dapur rumah orang tuanya.


Evakuasi tubuh Aisyah sempat terkendala, karena tubuhnya terjepit di antara reruntuhan tembok rumah. "Kami dengar suara anak kecil minta tolong dan ternyata itu korban yang kami cari," ujar seorang petugas tim SAR dari BPBD Padang Sidempuan.


Bencana longsor terjadi Senin petang, 27 Juli 2015, dalam bencana itu, tim SAR sudah menemukan sembilan dari 10 korban yang dinyatakan hilang, lima korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dan empat lainnya berhasil diselamatkan dalam kondisi terluka. (ren)


Dedi Herianto - Padang Sidimpuan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya