10 Jam Tertimbun Longsor, Gadis Kecil Ini Ditemukan Hidup

Tim petugas SAR saat bertugas selamatkan korban.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Seorang gadis kecil di Padang Sidempuan, Sumatera Utara, berhasil diselamatkan setelah sempat tertimbun di dalam longsoran tanah selama 10 jam di lokasi bencana tanah longsor yang menerjang wilayah Kecamatan Padang Sidempuan Utara.

Gadis berusia sembilan tahun bernama Aisyah Lubis itu, ditemukan dan berhasil dievakuasi tim Search and Rescue (SAR) gabungan dari material longsor yang menimbun rumahnya.

Aisyah ditemukan dalam kondisi sudah lemas dan baru bisa dievakuasi sekitar puul 04.20 WIB, Selasa, 28 Juli 2015.

Tubuh mungil Aisyah tertimbun dan terjepit material longsor sedalam lebih dari satu meter. Titik lokasi tertimbunnya Aisyah berada di sekitar dapur rumah orang tuanya.

Evakuasi tubuh Aisyah sempat terkendala, karena tubuhnya terjepit di antara reruntuhan tembok rumah. "Kami dengar suara anak kecil minta tolong dan ternyata itu korban yang kami cari," ujar seorang petugas tim SAR dari BPBD Padang Sidempuan.

Setelah berhasil dievakuasi, Aisyah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padang Sidempuan untuk mendapatkan perawatan.

Sementara itu, proses pencarian korban longsor terus dilakukan karena diduga masih terdapat satu orang yang belum ditemukan, yakni Muhammad Al Iman (9).

Bencana longsor terjadi Senin petang, 27 Juli 2015, dalam bencana itu, tim SAR sudah menemukan sembilan dari 10 korban yang dinyatakan hilang, lima korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dan empat lainnya berhasil diselamatkan dalam kondisi terluka.

Longsor Terjang Ratusan Rumah di Maluku

Dedi Harianto - Padang Sidimpuan


Detik-detik Mengerikan Longsor Condet
Ilustrasi/Banjir di Aceh

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

Total korban meninggal akibat bencana mencapai 267 orang.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016