Minta Kopassus Latih Brimob, Ini Alasan Kapolri

Brimob
Sumber :
  • Tudji/ VIVAnews

VIVA.co.id - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meminta Brigade Mobil Polri (Brimob) mendapat pelatihan dari Komando Pasukan Khusus (kopassus) untuk survive di tengah hutan memburu kelompok teroris, yang kerap bergerilya keluar masuk hutan dalam jangka waktu yang lama.

Polisi Bicara Pengganti Santoso, Pimpinan Teroris Poso
"Kan kita dalam penegakan hukum pengejaran terhadap Santoso yang ada di gunung-gunung dan hutan, oleh karena itu kita perlu pelatihan tertentu saja, bagaimana kita bisa survive, penjajakan di hutan, kan nggak bisa anggota Brimob bertahan di hutan," kata Badrodin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 27 Juli 2015.

Pasukan Elite Brimob Mulai Buru 'Sisa-sisa' Santoso di Poso
Menurut Badrodin, meski kepolisian sudah memiliki Detasemen Khusus 88 anti teror, namun mereka tidak dipersiapkan untuk survive di hutan. Mereka, kata Badrodin, tak akan bisa bertahan lama di dalam hutan. 

Kopassus Tak Gentar dengan Kemampuan Militer Abu Sayyaf
Badrodin menjelaskan Densus 88 tak bisa melakukan pengejaran jika satu minggu sekali mereka harus diganti. Kemudian, alat-alat khsus yang dimiliki Densus juga tak mungkin dipergunakan di hutan. Seperti sinyal handphone dan peralatan elektronik.

"Apanya yang dikhawatirkan, karena mengejar itu tidak cukup baru satu minggu turun, padahal itu pengejaran bisa berpuluh-puluh hari," ujar dia.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini menegaskan bahwa pelatihan ini bukan untuk perang, namun hanya untuk pemberantasan terorisme khususnya untuk mengejar komplotan Santoso.

"Yang bisa punya kemampuan itu Kopassus, itu item-item materi yang kami mintakan," kata dia.

Menurut Badrodin, dirinya akan menugaskan dua kompi Brimob untuk dikirim ke pelatihan tersebut. Pelatihannya sendiri masih menunggu sebab harus melakukan koordinasi pada tingkat bawah, menyiapkan anggotanya, menyiapkan pelatihnya.

"Kan kita tidak otomatis sama latihannya dengan mereka (Kopassus)," ujar dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya