Menteri Jonan Senang Jumlah Pemudik dengan Kereta Bertambah

Menteri Jonan Resmikan Stasiun Palmerah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen
- Kementerian Perhubungan memprediksi pada musim mudik Lebaran nanti jumlah pemudik yang menggunakan transportasi umum akan bertambah cukup signifikan. Kenaikan ini juga melanda angkutan kereta api.

Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan jika dibandingkan pada Lebaran 2014 lalu, kenaikan jumlah penumpang itu di antaranya terdiri dari transportasi udara naik menjadi tiga persen, transportasi laut dua persen, penyeberangan dua persen.
Mobil Pemudik Terbalik Masuk Tambak


"Akan tetapi, untuk transportasi darat bedasarkan laporan yang saya terima, diprediksian bisa turun di lima persen," ujar Jonan saat meninjau aktivitas mudik di Stasiun Kereta Api Senen, Jakarta, Selasa 7 Juli 2015.


Meski transportasi darat mengalami penurunan jumlah penumpang, kata Jonan, justru kondisi ini dialami terbalik oleh transportasi Kereta Api. Jonan mengaku, untuk jumlah penumpang kereta api pada tahun ini mengalami peningkatan.


"Kereta api itu naik 9 persen [dari tahun lalu], ini bagus sekali," katanya.


Sebagai mantan Direktur Utama PT KAI, lanjut dia, kondisi ini harus tetap dipertahankan oleh PT KAI, terutama dari segi pelayanan kepada para penumpang yang selalu harus ditingkatkan.


"Saya disini (KAI) sudah enam tahun. Jadi saya pikir, KAI pelayanannya tidak boleh turun dari tahun lalu. Dan, KAI tidak boleh takut rugi atas peningkatan pelayanan," ujarnya


Dengan begitu, Jonan mengaku akan terus memantau setiap waktu di berbagai transportasi mudik yang ada, karena saat lebaran tiba, transportasi umum lah yang kebanyakan dipilih masyarakat untuk melakukan tradisi mudik.


"Kalau pelayanannya baik, pasti animonya tinggi. Kami terus dorong itu, jangan sampai (pelayananya) menurun," kata Jonan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya