KSAU Ungkap Laporan Investigasi Jatuhnya Hercules

Keluarga Korban Pesawat Hercules Datangi Rumah Sakit Adam Malik
Sumber :
  • REUTERS / Roni Bintang
VIVA.co.id
Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi
- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Agus Supriatna, mengungkapkan tim investigasi jatuhnya pesawat Hercules di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, akhir Juni lalu sudah melaporkan hasil sementara.

TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang

"Sudah, sudah ada hasil sementara soal penyebab jatuhnya," kata Agus di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 7 Juli 2015.
TNI AU: Awak Pesawat T-50 Tewas


Agus menambahkan, mesin nomor empat pesawat nahas itu mati seketika. Alhasil, pilot Kapten Sandi Permana mengambil langkah untuk terbang rendah sekira 105 kaki sambil menambah kecepatan untuk kembali ke Lanud Soewando.


"
Engine
nomor empat mati, aksi pilot ambil kecepatan, terbang rendah," katanya.


Namun, pesawat yang mengangkut 122 penumpang itu justru menabrak sebuah antena. Selanjutnya, pilot langsung banting kemudi ke kanan dan menabrak sebuah kubah.


"Ada antena radio, nabrak itu, dia lari kekanan, nabrak kubah," ujarnya.


Ia memastikan, tim investigasi berasal dari internal matra udara. Agus menolak untuk melibatkan pihak luar dalam investigasi tersebut. "Tidak, semua dari internal," katanya.


Pada 30 Juni lalu pesawat Hercules milik TNI AU dari Skadron 32 Lanud Abdurahman Saleh, Malang, jatuh di Medan. Semua penumpang dikabarkan tewas dalam insiden tersebut. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya