Jelang Lebaran, Sopir Bus Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Sopir bus jalani pemeriksaan kesehatan di terminal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adib Ahsani
VIVA.co.id
Indonesia Kekurangan Dosen Ilmu Kesehatan yang Memadai
- Puluhan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menjalani pemeriksaan tes urine di Terminal Maospati, Magetan, Jawa Timur. Tes urine juga diberlakukan bagi sopir bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Langkah ini dilakukan untuk mengurangi kecelakaan akibat sopir mengalami gangguan kesehatan atau mengonsumsi narkotika.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

Sopir dihentikan dan diperiksa kesehatannya di posko yang didirikan mendadak oleh tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan dan Polres Magetan.
Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen


“Targetnya semua sopir bus yang masuk terminal, baik sopir bus AKAP maupun AKDP,” ujar Subroto, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan, Senin, 6 Juli 2015.


Kapolres Magetan AKBP Johanson Ronald Simamora mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bus untuk meminimalisasi kecelakaan menjelang maupun selama arus balik Lebaran 2015.


"Yang positif menggunakan narkoba akan kita hentikan,” kata Johanson.


Satu per satu sopir bus menjalani pemeriksaan kesehatan dan mengikuti tes urine. Bagi sopir yang tidak terganggu kesehatannya dan negatif menggunakan narkoba, akan menerima surat keterangan yang menyatakan kondisi kesehatan sopir layak mengemudi.


Kegiatan ini, akan dilakukan secara rutin oleh Dinas Perhubungan dan Polres Magetan. Sayangnya, kegiatan tersebut belum diikuti pemeriksaan kelaikan kondisi kendaraan angkutan umum.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya