Gunung Raung 'Meraung', 4.985 Jiwa Berpotensi Terdampak

Gunung Raung meletus
Sumber :
  • Antara/ Budi Candra Setya
VIVA.co.id
Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada
- Mengikuti naiknya status Gunung Raung menjadi Siaga III, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memetakan daerah berpotensi terdampak letusan.

Dampak Gunung Raung Sampai ke Bandara Semarang

Arah angin yang berubah bertiup ke timur juga membuat BPBD setempat menambah luasan daerah, dan jumlah penduduk yang berpotensi terdampak produk letusan.
Ingin Rayakan HUT RI di Puncak Gunung, Waspadai Ini


"Jumlahnya bertambah menjadi 4.985 jiwa berdasarkan
update
hari ini (Senin, 6 Juli)," kata Kepala BPBD Bondowoso, Kukuh Triatmoko, Senin 6 Juli 2015.


Jumlah itu tetap tersebar di dua kecamatan terdekat dengan lereng Gunung Raung, yaitu Kecamatan Sumber Wringin dan Kecamatan Tlogosari. Sebanyak 2.088 jiwa ada di Kecamatan Sumber Wringin dan sebanyak 2.897 jiwa di Kecamatan Tlogosari.


Penambahan jumlah penduduk, menurut dia, terjadi setelah BPBD menambah satu desa di Kecamatan Tlogosari sebagai wilayah berpotensi terdampak letusan. "Di Tlogosari tambah satu desa, jadi total ada dua desa dan dua dusun, sedangkan di Sumber Wringin juga ada dua desa dan dua dusun,” katanya.


BPBD telah menyiapkan lima titik pengungsian permanen di dua wilayah kecamatan yang dianggap aman. Selain itu, BPBD menyiapkan tenda-tenda pengungsian alternatif untuk antisipasi para pengungsi.


Menurut dia, warga desa juga sudah mendapat edukasi mengenai kapan harus mengungsi dan arah-arah jalur evakuasi jika sewaktu-waktu Gunung Raung naik statusnya menjadi Awas.


"Saat ini masih Siaga, jika statusnya naik menjadi Awas, masyarakat diminta untuk mengungsi," katanya.


Tenda akan tetap berdiri selama status Gunug Raung belum bergeser turun. Rencana awal, menurut Kukuh, evaluasi akan dilakukan kembali pada pekan depan, setelah 14 hari terhitung sejak status Gunung Raung naik menjadi Siaga III.


"Sampai sekarang masih landai dan belum mengungsi, akan kami evaluasi lagi pekan depan,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya