Diduga Engeline Dibunuh untuk Menggalang Dana

Seorang siswa SD menyampaikan karangan bunga untuk Angeline
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA.co.id - Hotman Paris Hutapea, kuasa hukum tersangka pembunuhan Engeline, Agus Tae, mengatakan, polisi perlu mengecek kepastian apakah Engeline sengaja dibunuh untuk tujuan tertentu.

Karena, setelah Engeline dilaporkan hilang, keluarga Margriet Megawe langsung membuat penggalangan dana untuk menebus Engeline.

"Seolah-olah meminta belas kasihan masyarakat internasional agar dikasih uang, seolah-olah terjadi penculikan, padahal sejak awal hilang tidak ada pelaporan," ujar Hotman di Jakarta, Minggu malam, 5 Juli 2015.

Dugaan ini semakin beralasan karena sejak Engeline hilang dalam kurun waktu dua hari, anggota keluarga sibuk menggalang dana. Padahal, tidak ada panitia atau gerakan untuk mencari Engeline.

Yvonne, kakak angkat Engeline diduga menyebarkan sms fiktif dari penculik Engeline yang meminta uang tebusan.

"Kalau benar ada penculik kenapa tidak lapor polisi. Kalau ternyata sms itu fiktif maka ada keterlibatan keluarga lain, yang bertujuan mencari uang," ujarnya.

Dikatakan Hotman, keluarga Engeline begitu sibuk menggalang dana, memforward sms-sms penculik kepada calon donatur, tapi tidak pernah melapor ke polisi.

Hotman Tantang Hotma Taruhan Jam Rp1 M di Sidang Engeline

Selanjutnya.... Engeline Dikabarkan Telah Diculik Agar Ditebus Rp150 Juta



Engeline Dikabarkan Telah Diculik Agar Ditebus Rp150 Juta

Sebelumnya Hotman mengatakan, saat Engeline hilang, seorang warga Australia bernama Christopher atau Chris sempat akan mengirimkan uang sejumlah Rp150 juta sebagai bentuk keprihatinannya atas kabar Engeline yang diculik dan diminta tebusan oleh penculiknya.

Kabar Engeline diculik dan harus ditebus ini sendiri dibuat oleh keluarga Margriet, yakni anaknya Yvonne dan Christin. "Yvonne sempat membujuk Chris agar segera menstransfer sejumlah uang untuk menebus Engeline," kata Hotman.

Hotman Paris membeberkan dugaan anggota keluarga MM itu terlibat dalam rekayasa penculikan, dan kemungkinan penculikan Engeline sengaja dihebohkan untuk memperoleh donatur.

Chris kemudian melaporkan isi sms Yvonne ke Ipung (aktvis perlindungan anak Bali), bahwa Yvonne membujuk dia agar segera mentransfer sejumlah uang. Yvonne memforward isi sms dari penculik Engeline kepada Chris agar Chris segera mau mengirim uang.

"Kenapa uangnya belum ditransfer, segera ditransfer agar Engeline selamat," kata Hotman. (one)

Hotman Paris Hutapea dan Agus Tay Hamba May

Dihukum 10 Tahun Bui, Bekas Pembantu Margriet Banding

Hukuman Agus dinilai terlalu berat, padahal dia bukan pelaku utama.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2016