Peneliti: Ekonomi Memburuk, Sejumlah Menteri Bakal Diganti

pelantikan 34 menteri kabinet kerja joko widodo
Sumber :
  • Biro Pers Istana
VIVA.co.id
PPP: Menteri Baru Jokowi Pemain Veteran
- Karyono Wibowo, peneliti senior Indonesian Public Institute (IPI), menilai bahwa anggapan reshuffle kabinet kerja adalah bukan hal yang tabu. Reshuffle adalah sebuah tradisi yang wajar dalam pemerintahan Indonesia.

Menanti Gebrakan Menteri Baru Ekonomi

Dia menyebut, beberapa menteri yang diperkirakan akan direshuffle. Menteri tersebut mayoritas adalah menteri yang bergerak dalam bidang perekonomian.
Politikus PDIP: Reshuffle Jilid II Terlalu Murahan


"Menurut saya yang akan direshuffle terutama adalah menteri yang bertentangan, misalnya Rini Soemarno, juga Sudirman Said, dia mengelola sumber daya, dan energi, itu jantungnya perekonomian, energi itu sangat vital, dunia bergantung pada energi," ujar Karyono Wibowo dalam dikusi bertajuk "Siapa yang Kena Reshuffle?" di Dapur Selera, Jakarta Selatan, Minggu 5 Juli 2015.


Tak hanya itu, ia menilai, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil juga layak untuk direshuffle. "Akibat kondisi perekonomian yang menurun, itu ditandai oleh melesetnya target pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2015, yang turun menjadi 4,7 %," katanya.


Faktor yang kedua, lanjutnya, adalah dengan melemahnya nilai mata uang rupiah yang menembus Rp13.000 per dollar AS bahkan lebih. Pelemahan ini, lanjutnya, bukan tidak mungkin akan mencapai level psikologis di atas Rp16.000 / dollar AS. "ini yang berbahaya, ini harus menjadi pertimbangan serius oleh presiden," kata dia.


Kebijakan ekonomi tidak hanya lemah, lanjut dia, ada sejumlah hal yang bertentangan dengan konsep trisakti dan nawa cita.


"Menteri BUMN Rini misalnya, dia mewacanakan perlunya menjual aset BUMN, Menteri Rini juga mewacanakan orang asing bisa menjadi direktur BUMN. Jelas bertentangan dengan azas prinsip trisakti bahwa negara perlu kemandirian," kata dia.


Selain di bidang ekonomi lanjut dia,  dia juga memprediksi akan ada reposisi, yaitu untuk Menkopolhukam, Tedjo Purdjianto.


"Saya kira akan ada reposisi menteri, misal Menkopolhukam direposisi, sesuai dengan latar belakang dan kemampuannya," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya