Gemuruh Raung Terdengar Hingga Sempol Bondowoso

Gunung Raung meletus
Sumber :
  • Antara/ Budi Candra Setya

VIVA.co.id - Aktivitas Gunung Raung tidak hanya dirasakan oleh warga di lereng gunung, Wringin Putih, Bondowoso. Namun, warga di luar kecamatan tersebut juga merasakan dampak berupa suara gemuruh dan hujan abu vulkanik.

Warga di Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol mengaku mendengar suara gemuruh yang diduga berasal dari kawah Gunung Raung. Selain itu, warga menerima guyuran abu vulkanik yang dirasakan sejak satu pekan terakhir.

“Malam hari sering terdengar suara gemuruh, tadi malam juga masih terdengar,” kata Susti (45) warga Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Minggu 5 Juli 2015.

Susti mendengar suara gemuruh sejak sepekan terakhir. Dia juga sering mendapati hujan abu yang berlangsung setiap pagi hari. Ibu rumah tangga itu menuturkan, hujan abu sempat membuat pandangan terganggu dan suasana jadi gelap dan pekat.

"Dua hari yang lalu sempat sedikit pekat, kalau pagi jadi seperti banyak kabut tapi ternyata abu,” katanya.

Sejak itu, hujan abu tetap mengguyur daerahnya, meskipun dengan intensitas yang berkurang. “Sekarang abunya biasa saja, tidak sebanyak dua hari lalu,” ujarnya.

Susti menduga, suara gemuruh dan hujan abu berasal dari Gunung Raung. Meskipun hingga sekarang, dia belum mendapatkan informasi tersebut dari aparat setempat. Di tempatnya juga tak ada imbauan untuk menggunakan masker atau bantuan masker guna melindungi saluran pernapasan dari abu vulkanik.

"Dugaan saya ini dari Gunung Raung, tapi saya belum tahu kalau statusnya sudah naik,” ujarnya.

Meskipun, warga yang telah terbiasa dengan hujan abu, tidak menggunakan masker untuk kegiatan sehari-hari jika sedang turun hujan abu.

Kecamatan Sempol berada sekitar 1,5 jam perjalanan ke arah timur dari Gunung Raung. Berdasarkan pola letusan Raung sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso menetapkan beberapa kecamatan di arah timur tak masuk dalam wilayah berpotensi terdampak aktivitas Raung.

Dampak Gunung Raung Sampai ke Bandara Semarang

Fokus penanggulangan bencana ada di sekitar Kecamatan Sumber Wringin dan Kecamatan Tlogosari. (art)

Gunung Raung

Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada

Masyarakat diimbau tidak beraktivitas pada radius dua kilometer.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2015