Surono: Bergemuruh, Ada Cahaya Api di Gunung Raung

Gunung Raung meletus
Sumber :
  • Antara/ Budi Candra Setya
VIVA.co.id
Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada
- Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kembali menunjukkan gejala yang kian memburuk. Sabtu malam, 4 Juli 2015, gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut itu kembali "meraung-raung" dan menyemburkan abu vulkanik setinggi 400 meter. Abu vulkanik pun dikatakan lebih tebal dari biasanya. 

Dampak Gunung Raung Sampai ke Bandara Semarang
Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gempa (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono, gempa tremor vulkanik memang teramati terjadi terus-menerus di Gunung Raung.

Ingin Rayakan HUT RI di Puncak Gunung, Waspadai Ini
"Terdengar gemuruh lemah hingga sedang. Terlihat cahaya api di Gunung Raung," kata Surono dalam keterangan resminya yang diterima VIVA.co.id, Minggu 5 Juli 2015.

Pria yang akrab disapa Mbah Rono ini pun mengatakan, antisipasi perlu dilakukan warga agar kondisi yang tak diinginkan tidak terjadi. Meskipun demikian, Surono mengatakan agar masyarakat tidak terpancing isu-isu jika Gunung Raung akan meletus besar. Sebab, gunung yang kini berstatus Siaga ini sedang meletus dengan tipe Strombolin.

"Diimbau agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius tiga kilometer dari kawah Gunung Raung. Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di luar radius tiga kilometer agar tetap tenang, lakukan kegiatan seperti biasa," kata Surono. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya