Johan Budi dan Jimly Asshiddiqie Lolos Seleksi Capim KPK

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir
VIVA.co.id -
PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya
Dari rapat pleno Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, diperoleh 194 nama yang dinyatakan lolos tahap pertama atau tahap seleksi administrasi. Mereka kebanyakan berasal dari Jakarta (31 persen), Jawa di luar Jakarta (51 persen) dan sisanya menyebar dari Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, NTB, NTT dan Papua.

Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK

Di antara nama-nama tersebut, terselip beberapa nama tenar. Dari data yang diperoleh
Sekjen Golkar: Kritik Pimpinan Baru KPK Tradisi Jelek
VIVA.co.id, ada nama Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidique dan purnawirawan TNI

Mayor Jenderal (purn) Hendardji Soepanji.


Sementara dari Kepolisian sendiri diperoleh lima nama yakni Kombes (purn) Basuki, Irjen (purn) Rudiard Tampubolon, Irjen Syahrul Mamma, Irjen Yotje Mende dan Brigjen Basaria Panjaitan. Sebelumnya ada 16 calon dari kepolisian yang mendaftar ke Pansel.


Para calon pimpinan lembaga anti korupsi secara keseluruhan kebanyakan berprofesi sebagai advokat atau konsultan hukum, dengan jumlah 46 orang. Sisanya adalah dari swasta dan BUMN (31), dosen (28), penegak hukum (23), auditor (10 orang) dan juga dari KPK (4) orang.


"Sementara, peserta perempuan yang lolos sebanyak 23 orang," kata ketua tim Pansel, Destry Damayanti di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu 4 Juli 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya