Guru SD Hingga Petani Melamar Jadi Pimpinan KPK

Wajah Megawati Disapu saat Demo di KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto
- Panitia Seleksi telah menutup pendaftaran untuk calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada pukul 12.00 WIB. Ada sekitar 580 orang telah memasukkan berkas ke sekretariat.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Menurut Ketua Pansel, Destry Damayanti, mereka yang mendaftar dari berbagai macam profesi, bahkan di antara mereka ada pula guru SD, petani, dokter dan wartawan. Sementara yang lain memiliki kompetensi di bidang hukum dan ekonomi.
KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim


Menurut Destry, boleh saja masyarakat dari berbagai macam profesi mendaftar. Namun,  ada beberapa yang tidak sesuai kompetensi.


"Sebagai contoh dia lama jadi guru, bagus pasti kan, tetapi guru SD. Ya enggak apa-apa, tetapi agak tidak pas karena dia tidak punya pengalaman," kata dia.


Sementara, Destry mengaku tak jadi masalah ketika banyak orang yang menganggap bahwa pencarian pimpinan KPK ini seperti pencari pekerjaan. Toh pada akhirnya, kata dia, mereka tahu bahwa pansel hanya membutuhkan delapan orang.


"Ya enggak apa-apa (dimanfaatkan oleh pencari pekerjaan) tetapi toh ada proses. Bahwa dia tahu bahwa kita hanya butuh 8 orang, dan dia sesuai kompetensi yang kami cari apa enggak, buat kami enggak masalah," ujar dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya