Separuh Alutsista TNI Sudah Umur Setengah Abad

Pesawat Hercules milik TNI
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A. Pitaloka
VIVA.co.id
Intip Kemampuan Perang Panser TNI Buatan Bandung
- Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyadari tidak sedikit pesawat Hercules milik TNI yang sudah uzur namun masih tetap beroperasi. Dari informasi yang dia terima, ada sebanyak 82 Pesawat Hercules yang sudah ada sejak tahun 1960 dan masih dioperasikan hingga saat ini.

Ketua DPR Dorong Peremajaan Alutsista TNI

"Kekuatan Hercules kita itu dari angkatan 1960 ada 82 unit, dari angkatan tahun 1978 ada sekitar 12, dan ada 6 unit dari tahun 1980. Memang alat angkut udara kita itu cukup tua usianya tapi dengan ketekunan anggota kita bisa dirawat semuanya," kata Moeldoko di Merdeka Barat, Jakarta, Kamis, 2 Juli 2015.
Empat Super Tucano Tiba di Lanud Abdurahman Saleh Malang


Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi yang mendampingi Panglima TNI menyebutkan bahwa Indonesia memiliki total 50 persen Alusista (Alat Utama Sistem Pertahanan) yang sudah berumur tua.


"Untuk Alusista, kita anggap kasar saja sekitar 50% itu masih butuh peremajaan, banyak yang sudah berumur tua," kata Supandi.


Supandi mngatakan dengan fakta tersebut TNI AL sedari dulu telah mengupayakan peremajaan Alutsista, dibarengi dengan kegiatan pemeliharaan sebelumnya. Sehingga walaupun berumur tua, TNI menjamin bahwa Alusista tersebut masih layak pakai.


Salah satu Alusista tertua yang dimiliki TNI AL adalah kapal yang dibeli bekas dari Belanda, namun sudah mengalami mobilisasi. "Kami beli kapal itu second dari Belanda, tapi sudah mengalami mobilisasi dan kita harpkan bisa beroperasi 5-8 tahun ke depan," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya