Pensiun Sementara, Sejumlah Pesawat Hercules Masuk Kandang

Hercules
Sumber :
  • Riska Herliafifah
VIVA.co.id
Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi
- TNI Angkatan Udara akan "mengandangkan" sejumlah pesawat angkut militer jenis Hercules. Hal ini menyusul kecelakaan yang terjadi di Medan, Sumatera Utara, Selasa kemarin, 30 Juni 2015.

TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Dwi Badarmanto, menyatakan pesawat Hercules yang bakal dihentikan terbang sementara waktu yakni, Hercules yang sejenis dengan yang jatuh di Medan.
TNI AU: Awak Pesawat T-50 Tewas


"Ya, KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) sudah menekankan untuk pesawat Hercules, atau C-130 tipe B yang sejenis, untuk sementara waktu dihentikan untuk terbang atau
stop flying
," kata Dwi, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu 1 Juli 2015.


TNI AU belum menyebutkan berapa banyak pesawat Hercules sejenis yang bakal dipensiunkan sementara. Kata dia, langkah penghentian terbang ini dilakukan sambil menunggu hasil investigasi mengenai penyebab kecelakaan.


"Sampai diperoleh hasil investigasi. Setelah itu nanti akan diambil kebijakan lain (terkait penghentian)," ujar Dwi.


Pesawat Hercules C-130 dengan nomor A-1310 jatuh di Medan. Pesawat itu jatuh setelah dua menit lepas landas dari Lanud Soewondo. Akibat kecelakaan ini, 122 orang penumpang pesawat meninggal dunia.


Pesawat yang hendak menuju Lanud Tanjung Pinang itu jatuh menimpa bangunan dan mobil warga. Saat itu, tujuh orang warga di darat diduga ikut menjadi korban saat pesawat tersebut jatuh. Satu di antaranya dinyatakan selamat dan sisanya masih dicari petugas. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya