Menko PMK Luncurkan Program Bantuan Pondok Pesantren

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ D. A. Pitaloka

VIVA.co.id - Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) meluncurkan Program Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Madrasah dan Pondok Pesantren) menyemarakkan bulan suci ramadhan ini.

Program kerja sama antara Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia diluncurkan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu 1 Juli 2015.

Menurut Menko Puan Maharani melalui program ini akan diberikan bantuan kepada 151 Madrasah/Pondok Pesantren berupa bantuan beasiswa, bantuan apresiasi pendidik, bantuan sarana prasarana dan Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP). Jumlah dana bantuan sebesar Rp35 miliar yang bersumber dari para Muzakki pegawai Bank Rakyat Indonesia.

“Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan, memegang peranan yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga mengembangkan nilai-nilai karakter pada santrinya,” ujar Puan.

Saat peluncuran program, Puan didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan representasi Bank Rakyat Indonesia menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 10 perwakilan pondok pesantren.

Menko PMK: Kampung KB, Wadah Gerakan Masyarakat Sehat

Adapun pondok pesantren yang menerima secara simbolis yakni pondok pesantren Darul Amal, Nurul Hijrah,Nurul Jalal, Miftahul Hidayah, Al Quran wal Hadist, Majmaul Bahrain, Daarul Mustaqiem, Bani Adung, Nurul Alami dan Darul Irfan.

Menurut Puan, pondok pesantren tidak hanya membekali santrinya dengan pengetahuan agama saja, akan tetapi sudah mulai membekali santrinya dengan keterampilan-keterampilan seperti pertanian, peternakan dan lain-lainnya.

Hal ini terutama didasari oleh adanya tuntutan masyarakat yang menghendaki adanya output yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan itu terampil dan siap pakai.

Puan mengajak seluruh Kementerian, khususnya yang tergabung dalam Program Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Pondok Pesantren (PEP) dan Lembaga yang melakukan mengelolaan zakat, infak dan sedekah agar dapat membantu untuk berkembangnya madrasah dan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan. Sebab, pendidikan adalah pilar utama pembangunan bangsa. (ase)

Puan Maharani Buka Indonesia Fashion Week 2016
Eks bomber timnas Indonesia, Peri Sandria

Eks Bomber Timnas Latih Klub Alumni Pesantren Gontor

Klub ini ikut turnamen peringatan 90 tahun Pondok Modern Gontor.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016