Jokowi: Ini Momentum Ubah Sistem Pengadaan Alutsista

Rapat Pimpinan TNI Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang
- Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada TNI agar tidak hanya hanya sekadar membeli senjata dari luar negeri. Instruksi ini dilakukan pasca jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Medan, Sumatera Utara.

"Sistem pengadaan alutsista harus diubah, ini momentum. Tidak boleh lagi hanya membeli senjata," kata Jokowi di Mako Brimob, Depok, Rabu 1 Juli 2015. Alutsista adalah singkatan dari alat utama sistem persenjataan.

TNI AU: Awak Pesawat T-50 Tewas

Jokowi mengatakan sistem persenjataan TNI harus bergeser ke arah modernisasi. Menurut dia, industri pertahanan dalam negeri harus terlibat. Mulai dari rancang bangun, produksi, operasional, latihan pemeliharaan hingga pemusnahan alutsista yang sudah tua.

"Yang paling utama pengadaan alutsista harus diarahkan kepada kemandirian industri pertahanan agar kita bisa sepenuhnya mengendalikan kesiapan alutsista," ujar dia.

Sulit Teridentifikasi, 7 Korban Hercules Jatuh Dimakamkan

Tak hanya itu, Jokowi juga ingin agar TNI memperkuat sistem nol kecelakaan untuk penggunaan alutsista TNI.

Baik pesawat tempur, pesawat angkut, kapal perang, kapal selam hingga helikopter, serta prajurit TNI yang menggunakannya harus berada dalam kesiapan operasional yang tinggi.

Pesawat T-50 Golden Eagle buatan Korea Selatan

Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi

DPR meminta para pilot TNI tetap semangat menjaga kedaulatan udara.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2015