Hercules Tua Jatuh, Pemerintah Janji Perbarui Alutsista

Pesawat Hercules TNI Jatuh di Pemukiman Penduduk di Medan
Sumber :
  • tvOne
VIVA.co.id
Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi
- Pemerintah berjanji segera perbarui alat utama sistem persenjataan (alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ini menyusul jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara.

TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang

"Ya tentu pasti rencananya pemerintah memperbaharui alutsista kita secara bertahap. Kalau pesawat angkut baru beli kemarin," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta.
TNI AU: Awak Pesawat T-50 Tewas


Pesawat itu, lanjut Kalla, tidak diasuransikan. Sebab memang tidak ada perusahaan asuransi yang mau menerima pesawat militer. JK pun mengakui bahwa pesawat Hercules sudah cukup tua.


"Sudah 50 tahun, tapi ini mau
diretrofit.
Semua memang kita punya 20 Hercules. Kita, tentara itu baru beli pesawat tahun 50-60, waktu zamannya Bung Karno dan zaman Jenderal Yusuf. Tahun 60 itu awal-awal Hercules," kata dia.


Menurut JK, kemungkinan besar pesawat ini jatuh karena kesalahan teknis.


"Namanya pesawat militer atau pesawat sipil bisa sebab karena teknis, manusia, atau alam. Tapi ini kelihatannya karena teknis. Saya baca laporannya dia mau kembali," ujar dia.


Seperti diketahui, Selasa 30 Juni 2015, pesawat Hercules C130 milik TNI AU jatuh di pemukiman warga tepatnya di Jalan Jamin Gintng, Medan Sumatera Utara. Sekira pukul 12.14 WIB. Pesawat tersebut menimpa tiga bangunan rumah toko dan satu unit mobil. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya