TNI AU Buka Posko Informasi Tragedi Hercules di Halim

Pesawat Hercules Jatuh di Medan
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id - TNI Angkatan Udara (TNI AU) membuka posko informasi tragedi jatuhnya pesawat Hercules C-130 dengan kode A-1310 di Medan, Sumatera Utara. Posko informasi itu dibuka di kawasan Bandara Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

"Iya, kami buka posko untuk keluarga yang mungkin ingin mengetahui informasi kecelakaan di Medan, karena pesawat itu sempat ke Halim dan mengangkut 10 orang penumpang," kata Komandan Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama Umar Sugeng Haryanto, Selasa 30 Juni 2015.

Namun, hingga saat ini, belum ada informasi berarti yang dikeluarkan di posko itu, terkait nasib 10 awak dan penumpang pesawat Hercules yang jatuh itu.

Untuk diketahui, rute pesawat Hercules yang jatuh di Medan ialah berangkat dari Malang pada Senin 29 Juni 2015 menuju Yogyakarta, kemudian terbang ke Halim.

"Di Halim, (pesawat) sempat nginap dan pagi tadi berangkat lagi. Sepuluh orang itu ada di daftar penerbangan dari Halim," ujar Umar.

Meskipun demikian, Umar melanjutkan, 10 penumpang itu bisa saja telah turun di bandara lainnya, mengingat dari Halim, pesawat Hercules itu sempat terbang ke Pekanbaru, Dumai, lalu ke Medan.

"Bisa saja sudah turun. Kami belum dapat info dan masih tunggu berita dari Medan. Tapi, kami sedang cek," ujar Umar.

Sebelumnya, pesawat Hercules nahas itu jatuh beberapa saat setelah lepas landas dari Lanud Soewondo, Medan. Pesawat hendak menuju Lanud Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, dengan misi PAUM (Penerbangan Angkutan Udara Militer).

Dua Jenazah Korban Hercules Kembali Teridentifikasi

Namun, baru beberapa menit lepas landas, pesawat jatuh dan menimpa mobil serta rumah warga.

Pemakaman tujuh korban Hercules C-130 yang tidak teridentifikasi

Sulit Teridentifikasi, 7 Korban Hercules Jatuh Dimakamkan

Kondisi jenazah yang sudah rusak mustahil untuk bisa teridentifikasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Oktober 2015