Gubernur: Sumut Berduka atas Musibah Hercules

Pesawat Hercules Jatuh di Medan
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi
VIVA.co.id
Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi
- Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, menyampaikan duka mendalam atas insiden jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa, 30 Juni 2015. Pesawat yang membawa sekitar 101 penumpang itu jatuh setelah lepas landas dari Lanud Soewondo selama dua menit.

TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang

"Saya, Pemerintah Sumatera Utara berduka, mohon doa kepada rakyat Indonesia agar korban musibah Hercules diterima amal baktinya," kata Gatot saat diwawancarai
TNI AU: Awak Pesawat T-50 Tewas
tvOne .


Gatot memastikan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumut, beserta kapolda Sumut, Kodam Bukit Barisan, Pemkot Medan, dan SAR Medan langsung turun membantu TNI AU dalam proses evakuasi korban pesawat jatuh, maupun yang tertimpa reruntuhan badan pesawat.


"Alat berat satu dari provinsi, dua dari Pemkot Medan, alat pemotong juga ada," ujar dia.


Meski demikian, dia melanjutkan, untuk mengevakuasi dan memotong bagian badan pesawat, tim hanya bersifat membantu, sambil didampingi pihak TNI AU. Selebihnya merupakan kewenangan TNI AU untuk mengambil bagian badan pesawat yang dibutuhkan untuk penyelidikan.


"Karena tidak semua (badan pesawat dipotong). Ada bagian yang diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut, itu bagian TNI AU," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya