NASIONAL

Kelelawar Berkomunikasi Untuk Navigasi

kelelawar memiliki kemampuan mengeluarkan suara ultrasonik untuk mengetahui jalan.
Senin, 8 Juni 2009
Oleh : Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Kelelawar

VIVAnews - Sebagai binatang yang aktif pada malam hari, kelelawar bisa dengan mudah mencari makan meskipun hari sudah gelap. Dalam kegelapan malam kelelawar bahkan bisa menangkap serangga-serangga kecil yang merupakan makanan favoritnya. Hal itu karena kelelawar memiliki penglihatan yang sangat baik.

Selain itu kelelawar juga memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara ultrasonik yang digunakan untuk mengetahui jalan. Suara itu berfungsi seperti kompas penunjuk arah.

Kemampuan lain yang dimiliki kelelawar adalah bisa mengetahui perbedaan suara yang dihasilkan kelelawar lainnya. Dengan mengetahui suara tersebut, kelelawar bisa lebih mudah menemukan jalan. Kelelawar ternyata berhubungan satu sama lain untuk mempermudah mereka mencari jalan dan tentunya menemukan makanan. 

Hal itu diketahui setelah tim peneliti dari Israel dan Jerman merekam suara yang dihasilkan sekelompok kelelawar. Lalu suara tersebut diteliti untuk diketahui bagaimana kelelawar berkomunikasi untuk memudahkan mereka menemukan arah atau bernavigasi.

"Kelelawar memiliki kemampuan untuk mengenali salah satu suara dari ratusan suara kelelawar lainnya, untuk bisa menentukan ke arah mana ia akan terbang mencari makanan," kata salah satu anggota peneliti, Dr. Yovel.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found