Moeldoko: Wakil Panglima Akan Hapus Jabatan Kasum TNI

Panglima TNI Buka Latgab Latihan Gultor TNI Tri Matra IX 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Panglima TNI Jenderal Moeldoko beberapa waktu lalu mengusulkan adanya posisi Wakil Panglima TNI. Bahkan, ia sudah mengajukan konsepnya kepada Presiden Joko Widodo.

WNI Disandera, Pemerintah Dinilai Gagal Jaga Kedaulatan

Moeldoko mengatakan, latar belakang adanya usulan Wakil Panglima itu dilihat dari perubahan lingkungan sehingga perlu adanya penyesuaian. Untuk itu dibutuhkan penambahan unsur-unsur dan penambahan komando terutama apabila Panglima TNI sering keluar.

"Kita punya empat ribu prajurit di PBB yang tersebar dan beroperasi di daerah perbatasan. Sehingga Panglima harus melihat dan mengetahui kesulitan pasukan di sana. Kalau seperti itu maka Panglima TNI memerlukan sebuah wakil lagi, agar tugasnya semakin firm," kata Moeldoko saat ditemui di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Kamis, 25 Juni 2015.

Remaja Lebih Suka Garuda di Dadaku dari Garuda Pancasila

Sekarang ini, lanjut Moeldoko, organisasi tidak seperti itu. Tidak ada Wakil Panglima, hanya ada Kepala Staf Umum (Kasum). Sedangkan Kasum tidak bisa mengambil alih komando jika terjadi sesuatu. "Ini juga salah satu alasan adanya Wakil Panglima TNI," ujarnya menjelaskan.

Moeldoko menambahkan, jabatan Kasum nantinya akan dihapuskan dan segala fasilitas yang diberikan kepada Kasum akan dialihkan untuk Wakil Panglima TNI. "Jadi tidak ada alasan tidak efisien, karena fasilitas Kasum akan kita berikan kepada Wakil Panglima," ujarnya.

Resep Panglima TNI untuk Raih Cita-cita Tinggi

Ketika ditanya mengenai Wakil Panglima yang berasal dari TNI Angkatan Udara (AU), Moeldoko menjelaskan, posisi itu tidak harus dijabat oleh Angkatan Udara karena tidak menutup kemungkinan juga dari Angkatan Laut. "Ya bisa saja dari AL, bisa juga AU," ujar Moeldoko.

Ia mengatakan, seleksi pemilihan Wakil Panglima akan dilaksanakan tidak lama lagi. "Sebentar lagi kita akan (rapat) Wanjakti, dan salah satunya akan membicarakan itu (pemilihan Wakil Panglima), dan menyiapkan apabila Keppres segera turun."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya