NASIONAL

Jenderal Malaysia Akan Terbang ke Jakarta

Menteri Pertahanan Malaysia bantah pemberitaan bahwa kapal perangnya masuk perairan RI.
Kamis, 4 Juni 2009
Oleh : Elin Yunita Kristanti

VIVAnews - Pemerintah Malaysia hari ini akhirnya bereaksi terhadap isu Ambalat yang ramai diberitakan di Indonesia.

Menteri Pertahanan Malaysia, Jenderal Tan Sri Abdul Aziz Zainal membantah pemberitaan media di Indonesia yang mengatakan kapal-kapal perang Malaysia telah memasuki wilayah kedaulatan Indonesia di Blok Ambalat.

Seperti dimuat laman berita Malaysia, Bernama, Aziz Zainal Angkatan Laut Indonesia seharusnya tak membuat pernyataan sepihak yang menjadi isu panas di media-media.

"Kedua negara sudah saling memahami. Jika ada isu sensitif yang membingungkan, sebaiknya menggunakan jalur resmi bukan lewat media," kata dia, seperti dikutip Bernama, Kamis 4 Juni 2009.

Menurut dia, masalah batas wilayah, khususnya, Ambalat antara Indonesia dan Malaysia harus dirundingkan di level komite teknis dua negara.  Jenderal Tan Sri Abdul Aziz Zainal lalu mengatakan dia akan segera terbang ke Jakarta untuk mendiskusikan isu-isu seputar Ambalat.

Sengketa Ambalat memanas di media di Indonesia ketika TNI Angkatan Laut menginformasikan bahwa kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI Untung Surapati-872 menghalau kapal perang milik Tentara Diraja Laut Malaysia, KD Yu-308 yang mencoba masuk ke wilayah RI di perairan Blok Ambalat pada Senin 25 Mei 2009.

Blok Ambalat yang terletak di perairan Laut Sulawesi di sebelah timur Pulau Kalimantan, terus jadi obyek sengketa Indonesia-Malaysia. Akhir 2008 militer Indonesia memeringatkan Malaysia untuk tidak melakukan provokasi militer di wilayah Ambalat. Belajar dari lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan ke tangan Malaysia, TNI meningkatkan patroli di wilayah Ambalat.

Dalam setiap perundingan, Malaysia tetap berkeras bahwa Blok Ambalat merupakan bagian dari teritorinya. Bahkan mereka mengirimkan salinan nota diplomatik yang intinya memprotes kehadiran kekuatan TNI di Blok Ambalat.

Mengapa Ambalat jadi rebutan? Blok Ambalat dengan luas 15.235 kilometer persegi, ditengarai mengandung kandungan minyak dan gas yang dapat dimanfaatkan hingga 30 tahun.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found